by

Demo Kembali Pecah, Stasiun Palmerah Ditutup

JAKARTA- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menutup operasional Stasiun Palmerah lantaran kerusuhan yang terjadi akibat aksi unjuk rasa di belakang Gedung DPR/MPR.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan pada awalnya operasional KRL beroperasi normal. Namun, pada perkembangannya, KCI memutuskan untuk menutup operasional Stasiun Palmerah, Jakarta Pusat. “Melihat perkembangan situasi di sekitar Stasiun Palmerah yang cenderung tidak kondusif dan dipenuhi massa hingga masuk ke jalur rel PT KCI, maka stasiun tersebut kami tutup sementara,” ujarnya, Senin (30/9/2019).

Untuk itu, PT KCI melakukan rekayasa pola operasi KRL Commuter Line untuk lintas Serpong/ Parung Panjang/ Maja/ Rangkas Bitung menuju Tanah Abang. Operasional KRL di lintas tersebut saat ini diatur hanya sampai Stasiun Kebayoran. “Sehingga, penumpang yang ingin menuju Parung Panjang/ Maja/ Rangkas Bitung agar naik KRL langsung dari Stasiun Kebayoran,” ujarnya.

Rekayasa operasional ini berlaku sejak pukul 16.55 WIB hingga situasi aman atau kondusif. “PT KCI senantiasa mendahulukan keselamatan pengguna dan operasional perkeretaapian dalam memberikan layanan,” ucapnya.

Anne mengatakan, rekayasa ini dilakukan lantaran KRL tidak dapat melintas di jalur antara Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Palmerah karena sejumlah lokasi di sepanjang jalur tersebut dipenuhi kerumunan massa.

PT KCI mengimbau pengguna untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan bersama dengan mengikuti aturan dan tata tertib yang ada saat berada di stasiun maupun di dalam KRL. Pengguna KRL juga diminta mengikuti aturan terkait jenis dan ukuran bawang bawaan yang diizinkan. “Pengguna juga kami minta untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan tidak naik ke dalam KRL yang telah penuh,” ucap dia.

Sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI), hari ini kembali menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR. Selain mahasiswa, unjuk rasa ini juga dilakukan oleh pelajar. Meskipun terjadi aksi unjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR RI, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan bahwa operasional commuter line tetap berjalan normal hingga Senin (30/9/2019) siang. (han)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed