by

Kemenhub : Stasiun Gambir Tak Layani Kereta Jarak Jauh Lagi…

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah membeberkan rencana bahwa Stasiun Gambir tidak lagi dilewati kereta jarak jauh. Rencananya peran Stasiun Gambir akan digantikan oleh Stasiun Manggarai.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi, mengungkapkan rencana pergantian tersebut baru akan dilakukan pada 2021.

“Kalau rencana pergantian dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai akhir 2021,” kata Supandi, Senin (7/10/2019).

Supandi menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan berbagai fasilitas yang ada di Stasiun Manggarai. Ia memastikan apabila sudah selesai pembangunannya, maka rencana tersebut akan diwujudkan.

“Jadi nanti jika Stasiun Manggarai sudah selesai dan beroperasi penuh, maka Kereta jarak jauh berhenti di Manggarai, tidak di Gambir lagi,” ungkap Supandi.

Sebelumnya, Budi Karya menuturkan kalau Stasiun Manggarai akan menjadi pusat bagi seluruh kereta, baik KRL Commuter Line maupun kereta jarak jauh.

Dengan Manggarai sebagai pusat stasiun, Stasiun Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta akan tergantikan. Stasiun Gambir nantinya hanya akan melayani kereta tertentu saja.

“Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi central station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini,” ujar Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019). (han)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed