by

Motif Dosen IPB Rakit Molotov : Ingin Gagalkan Pelantikan DPR

JAKARTA – Polri telah telah menetapkan Dosen IPB, Abdul Basith, sebagai tersangka perakit 28 bom molotov. Dari pemeriksaan, Abdul disebut berniat menggagalkan pelantikan DPR dan MPR, Selasa (1/10).

“Membuat kerusuhan untuk aksi demo. Untuk menggagalkan pelantikan anggota dewan hari ini,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/10).

Atas perbuatannya, Abdul Basith dijerat Pasal 169 KUHP tentang UU Darurat. Sedangkan 5 rekan Basith masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. “UU Darurat 169 KUHP. Ada beberapa pasal diterapkan. Sesuai dengan perbuatan masing-masing,” ujar Dedi.

Abdul Basith kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia diduga merencanakan aksi kericuhan dengan merakit bom molotov. “Saudara AB sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Dedi.

Dedi mengatakan, AB memerintahkan 2 orang untuk merekrut orang yang bersedia menyusup ke dalam aksi unjuk rasa untuk melempar bom molotov. Semua pembiayaan ditanggung oleh AB. “Terduga tersangka AB merekrut 2 orang,” ucap Dedi. (an)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed