by

Sah! Artis Syahrul Gunawan Maju Pilbup Bandung Lewat Nasdem

BANDUNG – Aktor dan selebriti, Syahrul Gunawan resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Bandung dari Partai NasDem pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020. Hal ini ditandai dengan penyerahan formulir pendaftaran di kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/2019).

Syahrul tiba di kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung sekitar pukul 10.30 WIB. Dengan menggunakan kemeja berwarna biru ciri khas partai tersebut, aktor papan atas ini langsung menyerahkan formulir pendaftaran kepada Ketua Tim Penjaringan Calon DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung, Toni Permana.

Syahrul mengatakan, dirinya tertarik untuk mengikuti kontestasi politik ini dengan dasar ingin mengabdikan diri kepada masyarakat. Dia yang sebelumnya merupakan calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 ini merasa lebih tertantang untuk menjadi bagian dari eksekutif.

“Saya merasa pengabdian akan lebih punya power kalau di eksekutif. Saya sebagai orang Sunda, ingin berkiprah di Kabupaten Bandung,” katanya.

Disinggung raihan suara Partai NasDem yang belum cukup untuk mengusung sendiri, menurutnya tak jadi persoalan. Dia pun tidak mematok posisi bupati sehingga siap menjadi wakil bupati sesuai dengan kesepakatan koalisi.

“Posisinya Wallahualam. Saya sekarang berjuang dulu, dan masih berkomunikasi dengan DPW,” katanya.

Syahrul pun tidak mau terlalu mengedepankan modal popularitasnya pada kontestasi ini. Syahrul memastikan dirinya akan mensejajarkan diri dengan kandidat yang lain.

“Tetap koordinasi, bagaimana kita bisa memadukan pemikiran,” katanya.

Pemain sinetron dan penyanyi ini menyadari Kabupaten Bandung memiliki persoalan yang cukup rumit terutama mengenai banjir. Namun, wilayah ini memiliki potensi yang besar seperti pertanian dan pariwisata.

“Saya ingin mencoba mempelajari lagi. Bismillah saya mendaftarkan diri, semoga saya bisa bermanfaat,” katanya,.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung Agus Yasmin menilai Syahrul sebagai sosok yang tepat untuk diusung menjadi bupati. Selain masih muda, menurutnya kandidat ini memiliki popularitas yang mumpuni.

“Mudah bergaul dengan masyarakat luas. Warga Kabupaten Bandung enggak akan sulit menerima. Apalagi ini sosok muda, energik. Ini aset bangsa,” katanya.

Disinggung kandidat siapa saja yang sudah mendaftar, menurutnya terdapat tujuh sosok yang sudah mengambil formulir. Namun baru dua calon yang sudah mengembalikan formulir.

Dia optimistis partainya mampu bersuara banyak pada pemilu di Kabupaten Bandung kali ini. Sebab, istri Bupati Bandung saat ini tidak mencalonkan diri.

“Sekarang kita memang bersaing dengan partai lain yang sudah lama. Tapi Pak Dadang Naser mendeklarasikan bahwa Ibu Nia (istrinya) takkan maju. Ini sumbangan besar dari aktivis politik, pemimpin daerah, sehingga demokrasi jadi lebih terbuka,” katanya.

Pihaknya pun mengaku terbuka dengan partai mana saja untuk berkoalisi. “Saat ini komunikasi lebih cair,” katanya.

Meski begitu, dia menyerahkan seluruh keputusan terkait pemilu ini kepada DPP Partai NasDem. Menurutnya, penentuan koalisi dan sosok yang akan diusung menjadi kewenangan di tingkat pusat.

“Kita tetap mengacu kepada survei, kita juga tidak menggunakan mahar politik. Tapi penentuan sosok yang akan diusung, itu keputusannya di DPP,” katanya. (an)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed