by

Ini Pesan Dirjen Dikti untuk Wisudawan Universitas Pamulang

TANGERANG – Universitas Pamulang (Unpam) kembali menggelar wisuda yang ke 60. Kesempatan wisuda ke 60 kali ini tidak disia-siakan oleh mahasiswa dari berbagai program studi. Diantaranya Magister Manajemen sebanyak 10 wisudawan, Magister Hukum sebanyak 18 Wisudawan, Sarjana Manajemen sebanyak 165 wisudawan, Sarjana akuntansi sebanyak 403 wisudawan, Diploma tiga akuntasi sebanyak 48 wisudawan, diploma tiga sekretaris sebanyak 34 wisudawan, Sarjana Hukum sebanyak 43 wisudawan, Sarjana Sastra Inggris sebanyak 36 wisudawan, sarjana Sastra Indonesia sebanyak 18 wisudawan, sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebanyak 14 wisudawan, sarjana Pendidikan Ekonomi sebanyak 20 wisudawan, sarjana Matematika sebanyak 4 wisudawan, sarjana Teknik Mesin sebanyak 20 wisudawan, Sarjana Teknik Elektro sebanyak 6 wisudawan, Sarjana Teknik Industri sebanyak 20 wisudawan, Sarjana Teknik Kimia sebanyak 4 wisudawan, dan sarjana Teknik Informatika sebanyak 221 wisudawan. Wisuda kali ini dihadiri oleh Koordinator LLDIKTI Wilayah 4 Prof. Dr. Uman Suherman, Dan Dirjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. Arskal Salim.

Pada Kesempatan ini, Prof. Dr. Arskal Salim menyampaikan sambutan untuk pertama kalinya di depan ribuan Wisudawan Universitas Pamulang.

“Alhamdulillah kami merasa terhormat dan senang sekali bisa hadir dalam kegiatan wisuda kali ini. Karena di Unpam belum ada prodi agama, kami menganggap suatu perkenalan, dan Unpam sering kami sebut-sebut. Saat ini, ada lebih 800 Perguruan Tinggi Swasta. Dalam kesempatan pertemuan antar Perguruan Tinggi, kami sering menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi di bawah kemenag terdiri dari 4 aspek. Yaitu Perguruan Tinggi berbasis Pesantren, berbasis Ormas, berbasis Yayasan dan Perguruan Tinggi berdasarkan wilayah teritori. Dari 4 aspek tersebut, aspek yang berkembang dengan baik adalah Perguruan Tinggi Islam dalam aspek Pesantren dan  Ormas. Sementara, untuk aspek yayasan dan  teritori, kurang berkembang. Dan Unpam maju sebagai aspek Yayasan. Unpam perlu mengembangkan diri karena masih dalam usia muda. Wisuda setiap bulan dengan jumlah ribuan wisudawan, itu luar biasa. Dan komposisi civitas akademi juga sangat luar biasa. Oleh karena itu, jika ingin ada Prodi agama akan kami fasilitasi” Papar Guru Besar UIN Jakarta Tersebut.

Selanjutnya, Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M.  menyampaikan pesan penting dalam Pidatonya.

“Persoalan mendasar yang dihadapi bangsa Indonesia bukan sebatas kompetensi dan profesionalisme tetapi yang paling pokok adalah terkelupasnya nilai-nilai humanisme dan religius pada insan cerdik cendekia. Oleh Karena itu,  Unpam berupaya membekali alumninya dengan keseimbangan antara kecerdasan akademik dalam otak di kepala dengan kecerdasan humanis dan religiusdalam qolbu” Paparnya.

Dr. H.C. H. Darsono, selanjutnya  mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung kelancaran berjalannya wisuda ke 60.

”Alhamdulillah kita bisa bersama melaksanakan wisuda ke 60. Kami ucapkan banyak terimakasih  kepada tamu undangan, civitas akademik Universitas Pamulang, kepala LLDIKTI wliayah IV dan Dirjen Pendidikan Agama Islam yang sudah hadir dalam kegiatan wisuda ini. Barangkali ini satu-satunya kampus yang melaksanakan wisuda satu bulan satu kali. Alhamdulillah, kita juga saat ini menjadi kampus dengan jumlah mahasiswa terbesar. Kita tidak pernah minta uang gedung. Tapi Alhamdulillah kita diberikan kemudahan untuk membangun gedung. Seiring perkembangan, kita menjadi Universitas terbesar di Indonesia. Kita kampus yang paling banyak terima mahasiswa. Bukan satu atau dua, tapi 20 ribu. Alhamdulillah kita bisa membangun auditorium  yang megah untuk menampung kegiatan-kegiatan dosen dan mahasiswa. Kita juga sedang membangun kampus di Serang yang akan menampung 200 ribu mahasiswa. Tingkat capaian Pendidikan di Serang sebanyak 17 persen, artinya masih jauh di bawah rata-rata nasional sebanyak 34 persen. Oleh karena itu, mereka bisa mengeyam Pendidikan Tinggi dengan biaya terjangkau. Namun, ada juga pihak-pihak yang tidak senang dengan kahadiran Unpam” paparnya.

Prof. Dr. Uman Suherman, juga menyampaikan pesan berharga bagi para wisudawan.

“Alhamdulillah kita tidak hanya disuguhi wisuda, tapi juga diberikan suguhan dari dua orang dan orator hebat Rektor dan yayasan. Mudah-mudahan wisuda berjalan lancar. Sebenarnya Unpam mampu mengangkat mereka yang secara ekonomi memiliki keterbatasan menjadi orang yang bisa mengubah kehidupannya yang lebih baik. Unpam mempunyai tata kelola pendidikan yang sangat baik. Oleh karena itu, Unpam bisa mengangkat angka kasar  mahaiswa. Mahaiswa Umpam juga harus memiliki kecerdasan dalam kehidupan. Yakinlah menjadi lulusan Unpam yang berkulaitas. Karena kesuksesan tidak dilihat dari IPK tinggi saja. Tidak ada sukses tanpa kerja keras dan usaha. Serta tidak ada kesuksesan tanpa doa orang tua” Papar Orang no 1 di LLDIKTI IV tersebut. (Biro Humas Unpam/YUSKA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed