by

Masuk 100 Besar Kampus Terbaik, Universitas Pamulang Ranking Ke-55 Se-Indonesia

Banten mencatatkan rekor sebagai salah satu provinsi dengan penyumbang kampus terbaik di Indonesia. Adalah UIN Syarif Hidayullah dan Universitas Pamulang (Unpam) di Tangerang Selatan (Tangsel) yang menjadi primadona dunia civitas akademikaa di tahun ini.

UIN Syarief Hidayatullah mencatat rekor dengan menduduki ranking ke-28, sementara Unpam menduduki peringkat ke-55 kampus terbaik se-Indonesia.

Capaian ini tak lepas dari peran kedua kampus di Banten tersebut dalam menciptakan pendidikan yang bermartabat dan menjaga kualitas.

 

(sumber : https://www.4icu.org/id/)

 

Perankingan ini dilakukan oleh UniRank International. UniRank adalah lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional yang baru-baru ini lewat 4icu.org merilis ‘Top Universities in Indonesia 2020 Indonesian University Ranking”.

Urutan nomor 1 diduduki Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Posisi 2 hingga 10 semuanya dihuni oleh perguruan tinggi negeri. Dari urutan itu, Unpam juga masih berada di atas perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

Adapun beberapa poin pokok sebagai dasar penilaiannya terhadap lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ada, diantaranya;

  • Perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut.
  • Perguruan tinggi itu menawarkan program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana, baik magister maupun doktoral.
  • Menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

Tujuan dari pemeringkatan ini untuk menyediakan Tabel Liga non-akademis dari universitas di seluruh dunia berdasarkan:

  • Metrik web yang valid
  • tidak bias
  • tidak dapat dipengaruhi yang disediakan oleh sumber intelijen web independen daripada data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri.

 

(Editor: YUSKA APITYA)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *