Bantentoday – Guna menggali potensi daerah melalui inovasi-inovasi dari masyarakat. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Banten menggelar lomba cipta inovasi.

Kepala Balitbangda Provinsi Banten Mohammad Ali Fadillah mengatakan, melalui lomba cipta inovasi 2013 diharapkan akan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap inovasi-inovasi dalam berbagai bidang seperti ketahanan pangan, energy baru dan terbarukan, kesehatan, teknologi, bidang transportasi, dan berbagai bidang keilmuan lainnya yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.

“Lomba ini terbuka bagi siapa saja yang secara administratif tercatat sebagai penduduk Provinsi Banten atau sekolah dan perguruan tinggi yang berdomisili di Provinsi Banten,” ujarnya, Jumat, (12/7).

Menurut Ali, bagi masyarakat Banten yang memiliki ide-ide atau inovasi dari lima agenda riset tersebut, bisa mengikuti lomba cipta inovasi yang berlangsung mulai 17 Juni hingga 6 September 2013. Bagi tiga pemenang terbaik dalam lomba cipta inovasi tersebut, akan diberikan piala Gubernur Banten dan juga uang pembinaan bagi juara satu, dua dan tiga.

“Kami berharap ini akan menjadi awal dari tumbuh kembangnya inovasi yang muncul dari masyarakat. Sehingga nanti bisa dikembangkan demi kemajuan Provinsi Banten,” katanya.

Dijelaskan Ali, lomba inovasi ini rencananya akan menjadi agenda rutin Balitbangda agar iklim dan budaya inovasi bisa tercipta dan tertanam di kalangan masyarakat Banten. Jika memang itu hasil karya sendiri dan belum ada yang menciptakan, nanti hak ciptanya bisa dipatenkan dan dilindungi.

“Kami ingin menumbuhkan semangat inovasi di kalangan masyarakat yang bisa menjadi pemicu bagi peningkatan kegiatan ekonomi di Provinsi Banten,” terangnya.

Menurutnya, materi yang dilombakan merupakan ide orisinil dari peserta dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis, baik ditingkat lokal maupun regional. Sedangkan tema karya yang bisa dipilih dari lima agenda riset diantaranya tentang pangan, energi, obat-obatan, transportasi dan teknologi informasi.

“Peserta lomba ini untuk kalangan pelajar SMA, mahasiswa dan masyarakat umum dengan tim penilai dari Pusat,” ujarnya.(dik)



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas