by

575 Anggota DPR Periode 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Sumpah Mereka

JAKARTA- DPR melantik anggota dewan dari DPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan. Acara pelantikan dimulai pada 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara pelantikan. Keduanya memasuki ruangan pada pukul 09.57 WIB bersama Ketua KPU Arief Budiman.

Setelah Jokowi dan JK masuk, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rapat paripurna pelantikan dibuka oleh pimpinan DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Lasut.

Abdul Wahab kemudian membacakan surat Keputusan Presiden soal keanggotaan DPR tahun 2019-2024 bernomor 98/P/2019. Sekjen DPR Indra Iskandar kemudian membacakan perwakilan anggota DPR terpilih yang akan dilantik hari ini.

Seusai pembacaan anggota DPR terpilih. Acara pelantikan dimulai. Ketua MA Hatta Ali maju ke mimbar pimpinan DPR untuk memandu pengucapan sumpah dan janji. Kemudian, 575 anggota DPR yang akan dilantik diminta berdiri dan kemudian mengucap sumpah jabatan.

“Sebelum memangku jabatan anggota dewan perwakilan rakyat, saudara-suadara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara-saudara bersedia disumpah atau dijanji menurut agama saudara-saudara?” ujar Hatta Ali saat memandu sumpah. “Bersedia,” jawab para anggota DPR.

“Sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab kepada RI, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 45. Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap, saudara-saudara mengikuti lafal sumpah atau janji yang akan saya pandu,” lanjut Hatta Ali.

Kemudian, 575 anggota DPR mengucap sumpah jabatan. Berikut sumpah jabatannya:

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan UUD 45. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia,” ujar seluruh 575 anggota DPR.

Selanjutnya perwakilan anggota DPR menandatangi berita acara pelantikan diikuti oleh para rohaniwan. Kemudian, Hatta Ali juga menandatangani berita acara pelantikan. Setelah itu, anggota DPD terpilih juga akan mengucapkan sumpah jabatan pada pukul 10.42 WIB. Selanjutnya, sidang paripurna juga akan mengambil sumpah jabatan anggota MPR terpilih. (han)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *