by

Banten Raih Juara Umum di Pekan Olahraga Tradisional ke-VII

SERANG- Kontingen Provinsi Banten berhasil meraih juara umum dalam Pekan Olahraga Tradisional (Poltradas) Tingkat Nasional ke-VII. Banten berhasil meraih dua emas dan satu perunggu. Dua emas Banten ini diraih dari cabang olahraga tradisional dagongan dan engrang. Sementara medali perunggu diraih dari nomor gerbak sodor dan hadangan. Penampilan seni dan budaya tradisional ikut meramaikan festival tradisional tahunan ini.

Poltradas ke VII ini diikuti 24 provinsi, digelar pada 26-27 Oktober 2019 di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, Daerah lstimewa Yogyakarta. Ada lima olahraga yang dipertandingkan, yakni Sumpitan, Dagongan, Terompah Panjang, Hadangan dan Engrang. Festival olahraga tradisional ini menjadi ajang melestarikan budaya dan merekatkan persatuan masyarakat. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan hal ini adalah nilai atau ruh olahraga sesungguhnya. Bangsa Indonesia Itu butuh kebersamaan, gotong royong, serta persaudaraan yang sudah mulai terkikis. “Olahraga tradisional membangkitkan itu,” ungkap Raden.

Pihaknya berharap poltradas bisa digelar di tingkat daerah. Hal ini tentunya untuk membangun iklim olahraga tradisional dan melestarikan budaya kepada generasi milenial. “Jadi banyakin kompetisi. Di daerah juga harus diadakan kompetisi-kompetisi serupa. Kalau di daerahnya memancing  daerah menggelar kompetisi lebih meriah lagi,” pungkasnya. (zn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *