by

Wakil Wali Kota Tangsel : Guru Harus Peka Terhadap Dinamika Zaman

TANGSEL- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan pelatihan Revolusi Mental kepada guru se SD, SMP se Tangerang Selatan. Pemkot Tangsel menilai hal ini diperlukan untuk menggenjot kinerja dan kompetensi sumber daya pendidik yang semakin bersaing dengan teknologi.

Hadirnya teknologi dalam industri 4.0 dinilai memberi dampak pada lingkungan pendidikan.  Efek ini dirasakan baik terhadap pendidik maupun murid. Dalam hal ini Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie meminta para guru melek peka terhadap dinamika zaman. Guru saat ini harus lebih memiliki wawasan keilmuan yang luas dan paham psikologi anak sebab sistem belajar saat ini berbeda dari sebelumnya.

“Kalau dulu, saya tidak ngerjain PR, saya dihukum kakinya diangkat satu. Kalau sekarang enggak bisa. Karena akan berurusan dengan hukum,” kata Benyamin dalam Revolusi Mental Untuk Guru SD dan SMP, di BSD, Serpong.

Dia menambahkan adanya kasus yang terjadi di sekolah merupakan akibat dari ada banyaknya komunikasi yang tidak sesuai antara guru dan murid. Sehingga yang dibutuhkan saat ini, bagaimana guru bisa membangun komunikasi yang baik dengan murid sehingga tidak ada kesalahpahaman.

“Peradaban semakin maju saat ini, dalam konteks itu, cara yang harus kita kembangkan dalam proses KBM harus menemukan dengan tradisi baru,” kata Benyamin.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Kota Tangsel, Apendi menjelaskan dalam kegiatan ini, guru SD dan SMP di Kota Tangsel menerima beberapa materi untuk menguatkan mental mereka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan kerja. Dia menyebutkan ada tiga topik yang disampaikan dalam kegiatan ini.

“Yang pertama Integritas di mana guru harus komitmen bekerja sesuai dengan tupoksinya. Kemudian juga etos selanjutnya gotong royong. Semua materi disampaikan oleh pemerintah pusat yang memiliki kemampuan dan regulasi untuk mereka,” kata Apendi.

Sementara, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari dengan jumlah peserta 215 yang berasal dari kalangan guru SD dan SMP di Kota Tangsel. (zia)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *