by

Bendungan Sindangheula Akan Jadi Area Wisata Baru Serang

SERANG – Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hari Suprayogi mengatakan Bendungan Sindangheula bisa menjadi potensi wisata baru bagi warga Serang. Bandeungan Sindangheula bisa dijadikan wisata air.

“Untuk pariwisata diarahkan saja ke daerah genangan atau hilir. Jadi, teman-teman juga membantu pemkab [Serang] mana saja zonanya,” kata Suprayogi.

Bendungan yang berkapasitas 9,26 juta m3 tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku untuk domestik dan industri di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Bendungan ini mampu menyuplai air baku sebesar 800 liter/detik.

Suprayogi mengatkan pengelola bendungan, yakni Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian harus segera mengurus sertifikat operasi dan pemeliharaan agar bendungan tersebut bisa segera diresmikan. Yogi menyarankan agar pengelola bendungan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Serang untuk menentukan zona wisata yang memungkinkan untuk dikembangkan.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pembangunan Bendungan BBWS Cidanau Ciujung Cidurian Suherlan menambahkan bahwa rencana pengembangan titik-titik yang akan dijadikan zona wisata baru akan dilakukan tahun depan.

“Pada 2020 akan ada kajian pengembangan area wisata. Kami akan lakukan kajian bersama dengan pemkab, mana daerah yang cocok [sebagai kawasan wisata],” ujarnya.

Kendati belum ditentukan secara pasti, dia menilai bahwa konsep wisata air adalah yang paling memungkinkan dibangun di sekitar bendungan ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *