by

Bupati Serang Bentuk Komisi Pekerja Berantas “Mafia Buruh”

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berupaya menekan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Serang. Menurutnya penangguran di wilayahnya disebabkan mafia buruh yang mempersulit calon pekerja.

Pihaknya membentuk Komisi Pekerja untuk memberantas mafia buruh yang diyakini menjadi penyebab sedikitnya angka penyerapan tenaga kerja. Selain itu, Badan Pekerja dibentuk untuk memberikan pelatihan meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia.

“Seharusnya juga bisa mengawasi praktik percaloan tenaga kerja. Sementara kami akan membentuk Komisi Pekerja Kabupaten Serang, untuk menekan praktik percaloan tenaga kerja ini,” kata Tatu di Serang, Banten, Jumat (8/11/2019).

Tatu mengatakan telah memanggil personalia perusahaan yang berada di wilayah pemerintah kabupaten Serang. Selain percaloan, kompetensi angkatan kerja Kabupaten Serang juga tidak matching dengan kebutuhan industri. Terutama lulusan SMK tidak mampu dengan baik diserap industri. Pihaknya meminta dukungan dari semua pihak.

“Kewenangan SMA dan SMK ini ada di provinsi. Kemudian pengawasan ketenagakerjaan juga ada di pemerintah provinsi,” ucapnya.

Dalam mengatasi hal tersebut, pihaknya telah membentuk badan khusus untuk memberantas mafia buruh sekaligus meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia. Badan tersebut melibatkan sejumlah OPD pemerintah Kabupaten Serang.

Sejumlah OPD Pemkab Serang yang terlibat dalam penanganan pengangguran antara lain, Disnakertrans, Dinas Sosial, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan.

Program yang dilaksanakan mulai dari pelatihan tenaga kerja, pelatihan kerja berbasis masyarakat, pengembangan koperasi dan UMKM, pelatihan wirausaha baru, pengembangan objek wisata, pelatihan dan penciptaaan IKM baru, hingga kerja sama dengan industri melalui program Bursa Kerja Khusus (BKK).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *