by

Idham Azis Resmi Lanjutkan Mandat Kapolri dari Tito Karnavian

JAKARTA – Jenderal Pol Idham Azis resmi melanjutkan estafet kepemimpinan kepolisian sebagai Kapolri baru. Kapolri sebelumnya Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian pun telah menyerahkan mandat kepemimpinan kepada Idham Azis.

Tito pun memberikan sambutan selamat bertugas kepada Idham. Menurutnya jabatan Kapolri adalah amanat negara yang penuh dengan tantangan. Tito menjabat sebagai Kapolri selama tiga tahun tiga bulan sejak 13 Juli 2016 hingga 22 Oktober 2019.

“Selamat bertugas kepada rekan saya, Kepala Kepolisian RI Jenderal Idham Azis. Penugasan ini amanah,” ucap Tito di lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019).

“Tugas sebagai Kapolri, dirasa cukup berat. Tapi alhamdulillah tiga tahun, tiga bulan itu dapat dilalui dengan baik,” lanjutnya.

Tito yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran kepolisian yang telah mendukungnya selama bertugas. Mereka di antaranya pihak yang turut membantu kepolisian dari jajaran eksekutif hingga legislatif dan mitra kerja kepolisian.

Di kesempatan yang sama, Idham pun menegaskan akan mengabdi sebaik-baiknya sebagai orang nomor satu di kepolisian.

“Amanah ini merupakan tanggung jawab dan saya akan wakafkan diri saya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi Polri,” ujar Idham.

Dirinya juga berjanji akan meneruskan program yang digagas Kapolri periode sebelumnya serta memantapkan soliditas TNI-Polri.
Idham Azis dipilih Presiden Jokowi sebagai Kapolri untuk menggantikan Tito yang dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri di kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Setelah ditunjuk sebagai calon tunggal, Idham Azis sempat menjalani fit and proper test di Komisi III DPR.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *