by

Irna Siapkan Bantuan Modal Usaha untuk Kembangkan Produk Kreatif Khas Pandeglang

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan akan memberikan dukungan pengembangan produk usaha kreatif. Khusunya produk khas Pandeglang seperti kerajinan badak yang menjadi ikon Banten.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung warga Desa Citeureup sebagai pengrajin cendramata patung badak ini. Untuk itu, saya intruksikan kepada Koperasi UMKM dan Kadisprindag untuk membantu usaha kreatif warga Citeureup,” ungkap Bupati Irna saat bertemu dengan para perajin cenderamata patung badak di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang.

Namun, orang nomor 1 di Kabupaten Pandeglang ini geram dan kecewa saat mendengar ada warga yang merupakan pengrajin patung cendramata di Desa Citeureup mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemkab Pandeglang selama dirinya memimpin.

“Kadis Koperasi ke sini.. Coba kenapa katanya selama ibu memimpin belum pernah mendapatkan bantuan dan belum pernah kedatangan dari Diskop Pandeglang ketempatnya?” tegas Irna Narulita saat menerima cendramata patung badak bersama Kapolres Pandeglang itu.

Bupati Irna meyakini dan optimis pengrajin patung ini akan maju dan menjadi salah satu usaha kreatif kerajinan patung yang akan dikenal internasional, karena lokasi tersebut sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) program pemerintah yang dipastikan akan banyak wisatawan domestik dan mancanegara ke wilayah tersebut.

“Insya Allah perajin patung badak yang merupakan salah satu ikon Banten akan terangkat ke kancah internasional, dan usaha akan maju. Jadi pemda akan sangat  mendukung usaha pengrajin patung ini agar terus dikembangkan menjadi binaan Indagpas,” tutur Irna.

Salah seorang perajin cenderamata miniatur badak warga Desa Citeureup, Panimbang,  Kohari mengaku senang setelah bertemu orang nomor 1 di Pandeglang itu. Kohari berharap pemerintah kabupaten memberikan dukungan modal dan promosi produknya.

“Alhamdulillah saya bisa bertemu dengan ibu bupati dan para pemegang kebijakan di Kabupaten Pandeglang. Besar harapan saya ibu bupati mendukung penuh para pelaku kreatif yang ada di Kabupaten  Pandeglang, dari  mulai modal dan tingkat promosinya,” kata Kohari.

Hal senada juga disampaikan pelaku wisata kelompok pokdarwis (Pokdarwis) Desa Citeureup Deden Sudiana . Dirinya menyambut baik kehadiran bupati dan kapolres Pandeglang yang baru itu menemui warga perajin cenderamata patung badak di desanya.

“Kami berikan cenderamata ini sebagai kenangan untuk pak kapolres dan ibu bupati yang kami bawa ke lokasi perajin cenderamata patung badak yang ada di Desa Citeureup. Kehadiran ibu bupati dapat membawa semangat dan gairah serta optimis bagi pengrajin, untuk bisa maju dan berkembang dalam usaha kreatifnya,” imbuh Deden.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *