by

Jumlah Pengangguran Banten Peringkat Pertama di Indonesia

BANTEN – Badan Pusat Statistik (Badan Pusat Statistik) merilis angka pengangguran periode Agustus 2018-2019. Hasilnya, tercatat pengangguran di provinsi Banten menempati peringkat pertama nasional.

 

“Angka pengangguran Provinsi Banten menempati peringkat pertama terbesar nasional,” berdasarkan rilis BPS tentang angka pengangguran nasional per Agustus 2019, Rabu (6/11/2019).

Tercatat angka pengangguran di Banten mencapai 8,11 persen. Persentase ini jauh melampaui angka pengangguran nasional yang tercatat sebesar 5,28 persen.

Kabupaten Serang disebut penyumbang pengangguran terbanyak, di angka 10,54 persen. Kemudian disusul Kabupaten Tangerang. Selain itu, Pandeglang jumlah pengangguran juga meningkat di Kabupaten Pandeglang yang periode Agustus 2018 sebesar 8,33 persen menjadi 8,71 persen.

Sumber: BPS Banten

Setali tiga uang, jumlah pengangguran tahun ini menunjukkan penurunan 1,17 persen dari Agustus 2017 yang saat itu mencapai 9,28 persen. Jumlah pengangguran menurun disebabkan ada 5,56 juta penduduk bekerja di daerah ini atau naik sekitar 230 ribu pekerja dibandingkan pada Agustus tahun 2018.

Pengangguran di Banten juga didominasi oleh lulusan SMK dibandingkan jenjang pendidikan lain. Ada sekitar 13,03 persen pengangguran disumbangkan lulusan SMK.

BPS mengidentifikasi ada beberapa penyebab angka pengangguran Banten jadi yang tertinggi. Pertama, menurutnya pada Februari-September daerah ini mengalami kemarau panjang. Hal ini mengakibatkan petani menganggur karena tidak bisa menanam karena pasokan air yang kurang.

Kedua, ada beberapa industri yang merumahkan karyawan dan peralihan industri yang mengakibatkan jumlah pengangguran bertambah. Salah satunya, perumahan karyawan di Krakatau Steel (KS) dan tutupny perusahaan Sandratex di Tangerang Selatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *