by

Maju Sebagai Calon Ketua DPP GMNI, Aktivis UIN Syahid Ini Bawa Panca Program

Kader Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Fachri Hidayat menyatakan siap bertarung memperebutkan kursi Ketua DPP GMNI. Pemilihan Ketua tersebut akan dilaksanakan dalam Kongres Kemaritiman GMNI ke-21 yang akan dilaksanakan pada 20-24 November 2019 di Ambon mendatang.

“Saya akan maju mencalonkan sebagai Ketua Umum DPP GMNI Periode 2019-2021 dengan penuh kesungguhan hati dan keyakinan. Sebagai makhluk yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, didukung dengan kepercayaan terhadap ilmu pengetahuan, saya akan terus berjuang,”kata Fachri kepada Banten Today, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, GMNI perlu pembaruan di berbagai aspek dan harus dibangun sistem organisasi yang baik, dari pengembangan kader hingga pengelolaan data internal. Fachri menyatakan sudah menyiapkan program unggulan untuk GMNI.

“Saya menawarkan ide dan gagasan dalam ajang bergengsi dua tahunan ini, yang saya beri nama “Panca Pogram”,” ungkapnya.

Berikut panca program yang ditawarkan Fachri:

  1. Pengelolaan Arsip. Di usia GMNI yang ke-65 arsip dinilai sangat penting dalam proses perjalanan organisasi. Arsip-arsip yang ada pada tingkatan Dewan pengurus Komisariat (DPK), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan kami organisir dan kami setorkan ke ANRI.
  2. Membentuk Lembaga Pers GMNI. Kita telah ketahui bersama, bahwa teknologi tidak kenal kata “mundur”. Wadah media dalam sebuah organisasi sangat diperlukan, sebagai media akselerasi keilmuan kepada publik.
  3. Membentuk Lembaga Kebudayaan GMNI. Tentu dalam perkembangan teknologi ada dampak negatif yang diterima oleh penggunanya. Lembaga kebuu ini sebagai penyeimbang perkembangan teknologi dan nilai-nilai luhur yang terkandung oleh Bangsa Indonesia sejak dulu.
  4. Digitalisasi sistem informasi dan komunikasi. GMNI adalah sebuah gerakan mahasiswa yang harus mempunyai watak aspiratif. Melalui transformasi digital, kerja-kerja organisasi akan sangat mudah. Contoh kecilnya, pembuatan aplikasi GMNI dan website DPC seluruh Indonesia yang terkoneksi satu sama lain.
  5. Penerapan Sistem Satu Atap. Dalam kerja-kerja organisasi, ada beberapa bagian yang mutlak harus ada di setiap struktur organisasi GMNI. Nah, bagian itu dari DPC sampai DPD berkoordinasi langsung. Contoh, bagian kaderisasi DPC berkoordinasi langsung dengan bagian kaderisasi DPP. Ini jelas berefek pada kerja-kerja yang sangat efektif.

Aktivis UIN Syarif Hidayatullah ini yakin gagasannya akan diterima kader GMNI seluruh Indonesia. Pencalonan dirinya sebagai Ketua pun mendapatkan dukungan dari aktivis GMNI Tangsel.

“Kami mendukung penuh Bung Fachri dalam pencalonan sebagai Ketua Umum DPP GMNI, karena kami tahu dia mempunyai kapasitas yang sangat matang dalam berorganisasi, serta gagasan-gagasan yang inovatif,” pungkas Ketua DPC GMNI Tangerang Selatan, Zein Nasution.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *