by

Mau Liburan Edukatif di Serang? Dateng ke Kampung Dongeng

SERANG –  Kabar gembira untuk warga Serang, kampung dongeng baru saja dibuka. Warga serang pun kini punya pilihan tempat liburan menarik dan mendidik.

berdasarkan rilis yang diterima bantentoday, Kampung Dongeng ini diresmikan Wali Kota Serang Syafrudin pada sabtu (23/11) kemarin. Kampung Dongeng berlokasi di lingkungan Wakaf, Kelurahan Tembong, Kota Serang.

“Kampung Dongeng merupakan sebagai inovasi baru, dan juga pemikiran baru yang luar biasa. Terlebih, kita bisa berbagi kecerian bersama dengan bercerita dongeng di masa lalu,” ungkap Syafrudin.

Syafrudin menjelaskan, kampung dongeng bisa menjadi pilihan agar anak tidak selalu sibuk dengan gadget. Selain mencegah anak dari hal-hal negatif, membuat anak lebih dekat dengan orang tua.

“Anak yang biasanya main di luar, HP dan sebagainya. Bisa lebih terarah dengan dongeng, sebagaimana saya kecil orang tua selalu beri dongeng sebelum tidur yaitu, dongeng Si Kancil,” tuturnya.

Syafrudin, atas nama Pemkot Serang, mengapresiasi ide dan gagasan dibentuknya kampung dongeng. Sebab, sambungnya, keberadaan kampung terebut sangat positif dalam memberikan pendidikan anak.

“Ini momentum yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan bisa dicontoh kampung lain. Ini adalah gerakan baru, berbagi kecerian melalui mendongeng,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kampung Dongeng Kota Serang, Neneng Runtase mengatakan, dengan diluncurkannya kampung dongeng di Kota Serang untuk menceriakan anak-anak. Kehadiran kampung dongeng ini terwujud atas kegelisahan terhadap pergaulan anak-anak yang tak pernah lepas dari gadget.

“Kita ingin mengalihkan anak agar tidak kecanduan gadget. Pengaruh gadget sangat besar bagi anak-anak. Salah satunya sosial emosional anak menjadi kurang. Anak menjadi egois dan mudah marah. Dengan adanya kampung dongeng, anak mereka jadi fun game dan melatih kreativitas anak. Mereka juga bisa bercerita sendiri,” jelas Neneng.

Lebih lanjut Neneng menjelaskan, selain di Kota Serang kampung dongeng juga sudah ada di Kota Cilegon, Tangerang Selatan, dan Balaraja. Saat ini sudah ada 150 kampung dongeng di Indonsia dibawah bimbingannya.

“Kita (kampung dongeng Kota Serang) sudah berdiri dari Agustus dan sekarang peresmian. Dengan total di Indonesia sudah 150,” ucap Neneng.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *