by

Pemkot Serang Kembangkan Program Kota Zero Waste

SERANG – Pemerintahan Kota Serang melalui Dinas Lingkungan Hidup mulai mengembangkan pengelolaan sampah dengan program Kota Zero. Sampah di Kota Serang akan didaur ulang menjadi bahan-bahan setengah jadi.

“Zero Waste adalah suatu tindakan atau kebiasaan seseorang bersikap ramah lingkungan dengan cara selalu menghindari segala sesuatu yang menimbulkan sampah atau limbah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ipoyanto dari rilis yang diterima Bantentoday, Jumat (8/11/2019).

Program ini digagas untuk mengurangi sampah–sampah liar yang berserakan di Kota Serang. Dia menambahkan bahwa program ini bukan menghilangkan sampah yang sebenarnya, akan tetapi bagaimana memanfaatkan secara maksimal dari jumlah sampah yang ada.

Walikota Serang Syafrudin menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan hanya seromonial belaka. Program ini merupakah langkah awal untuk mewujudkan Kota Serang yang sehat.

“Ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga dan merupakan langkah awal kemudian nanti akan diketahui perkembanganya seperti apa dan akan ditindaklanjuti dengan regulasi, Peraturan Walikota Serang Kebijakan Walikota dan akan ditunjang pembiayannya,” kata Syafrudin.

Ia juga menegaskan bahwa persoalan sampah bukan tanggung jawab DLH saja, tetapi seluruh OPD dan masyarakat harus benar-benar sadar dengan lingkungan terutama dalam menangani sampah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *