by

Cetar Membahana… Unpam Bangun Kampus Lagi di Serang, Gerus Untirta?

SERANG- Universitas Pamulang (Unpam) melebarkan sayap dengan mendirikan kampus di Kota Serang. Unpam dikenal dengan kampus berbiaya murah bagi masyarakat. Kehadiran Unpam di Kota Serang ini secara tidak langsung akan mengancam keberadaan kampus ternama Universitas Sultan Ageung Tirtayasa (Untirta) yang dikenal mahal.

“Masyarkat ini kan bukanya ga mau kuliah tapi masalahnya tidak terjangkau, nah ini kita membuat keterjangkauan untuk masyarakat kita. Kita optimis masyarakat disini akan pada kuliah,” ucap Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Darsono, usai peletakan batu pertama, Senin (20/1/2020).

Darsono menjelaskan bahwa biaya pendaftaran kampus Unpam hanya Rp 150.000 per bulan tanpa uang bangunan. “Jadi satu semester itu Rp 900.000 dan ini tidak pake uang gedung karena yang biasanya jadi hambatan itu uang masuknya berjuta-juta,” jelasnya.

Dikatakan Darsono, pihaknya juga akan menyelenggarakan pendidikan gratis untuk kaum disabilitas dan marjinal hingga lulus tanpa dipungut biaya apapun. “Untuk disabilitas kita gratiskan semua termasuk semua peralatan yang diperlukan. Kita akan menolong masyarakat kita yang marjinal, kalau mereka tidak dikasih kesempatan pendidikan maka hidupnya tidak akan berubah,” ujarnya.

Rencananya dikatakan Darsono,  kampus Unpam di Kota Serang akan dibangun sebanyak 12 gedung dengan ketinggan 10 lantai yang akan menampung sebanyak 200.000 mahasiswa dengan biaya terjangkau.

Darsono berharap dengan berdirinya Kampus UNPAM di Kota Serang dapat memberikan kesempatan pendidikan, usaha, dan bekerja karena dengan adanya 200.000 mahasiswa tentunya kampus juga membutuhkan layanan-layanan lain. “Mudah-mudahan ini merupakan kesempatan untuk masyarakat serang dan sekitarnya, termasuk juga yang ingin bekerja, dan akan kita utamakan teman teman yang disini dulu,” ungkapnya.

Kampus Umpam rencannya menyediakan sekitar enam fakultas dengan 25 program studi.

Walikota Serang, Syafrudin mengatakan dengan hadirnya Unpam di Kota Serang akan memberikan kontribusi yang baik bagi bidang pendidikan termasuk perputaran ekonomi di Kota Serang. “Mudah-mudahan meningkat, kami atas nama Pemkot sangat mengapresiasi, ini merupakan harapan masyarakat daerah dan pemerintah,” kata Syafrudin.

Terkait SDM di Kota Serang pula Ia menuturkan bahwa persoalannya adalah setelah lulus dari SLTA mereka tidak bisa melanjutkan keperguruan tinggi karena keterbatasan pembiayaan.

“Insya Allah dengan adanya Unpam ini bisa terjangkau, sehingga masyarakat juga bisa kuliah tentunya dengan mengutamakan masyarakat Kota Serang,” demikian Syafrudin. (YUS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *