by

Amien Rais Dirikan Partai Baru, Namanya…

JAKARTA- Politikus senior, Amien Rais nampaknya serius mewujudkan wacana mendirikan partai baru usai berkonflik dengan Zulkifli Hasan. Loyalis Amien Rais yang juga termasuk pendiri PAN Putra Jaya Husein menyebut sejauh ini sudah terdapat 28 usulan nama partai baru yang berasal dari sejumlah daerah.

“Namanya ada 28 usulan dari daerah itu, dan 28 itu dibahas oleh tim khusus ya. Bisa dipilih dari salah satu 28 usulan itu, bisa juga murni baru bedasarkan aspirasi itu bisa juga,” kata Putra, Rabu (26/8/2020).

Namun, Putra menuturkan, saat ini belum terdapat satu nama yang diputuskan menjadi nama partai baru bentukan Amien Rais. Menurut dia, nama yang dipilih harus sesuai dengan arah perjuangan partai.

“Belum-belum (dipilih). Lagi on progress ya, karena nama itu harus mencerminkan platform dan arah perjuangan partai misalnya Partai Keadilan Sejahtera, berarti platformnya dia keadilan dan sejahtera,” sebutnya.

Selain tengah menggodok nama parpol, Putra mengatakan pihaknya juga tengah mempersiapkan sejumlah hal lain menuju deklarasi parpol. Misalnya garis perjuangan, AD/ART, hingga struktur parpol.

 

 

“Jadi kalau platformnya belum selesai enggak bisa bikin garis perjuangan partai. AD/ART itu dibuat juga bedasarkan platform. Jadi kaya bikin rumah enggak bisa bikin tiang dulu, pondasi belakangan enggak bisa. Pondasi dulu pondasi harus kering dulu, baru bisa bikin tiang,” sambung Putra.

Dia pun enggan menggambarkan seberapa jauh persiapan yang sudah dilakukan Amien Rais untuk membentuk partai. Saat ini, kata dia, pihaknya masih menampung ide dan gagasan.

“Kalau partai itu quality, jadi enggak bisa dia kalau ide gimana? Kalau berapa persen idenya gimana? Enggak bisa. Ide itu 0 dan 1,” pungkas Putra.

Perseteruan Amien Rais dan Zulkifli Hasan sudah lama terjadi. Salah satunya saat pelaksanaan Kongres V di Kendari Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu, yang menetapkan Zulhas kembali menjadi ketum. Saat itu, Amien mendorong Mulfachri Harahap untuk menjadi ketum.

Setelah itu, Amien juga kerap melontarkan kritik kepada DPP PAN di bawah Zulhas yang dianggap pro pemerintahan Jokowi. Padahal, PAN, menurut Amien, dibentuk bukan untuk mendukung oligarki kekuasaan. Putra Amien, Hanafi Rais, juga telah mundur sebagai waketum PAN dan anggota DPR Fraksi PAN.

(rt)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *