by

Hore! Gaji Ke-13 PNS Cairnya Besok…

-Nasional-82 views

JAKARTA- Penantian gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, para pensiunan, hingga pegawai non-PNS di lembaga nonstruktural (LNS) tidak akan lama lagi. Besok, gaji tersebut akan cair.

Aturan mengenai gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ke-13 Tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS, dan Pensiun.

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Andin Hadiyanto memastikan, pada Senin pekan depan gaji ke-13 akan cair dan akan langsung masuk ke rekening masing-masing penerima.

“Iya. Besok Senin, 10 Agustus sudah cair ya,” kata Andin, Sabtu (8/8/2020).

Gaji ke-13 akan diberikan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, hingga para pensiunan. Untuk PNS, hanya eselon III ke bawah yang akan menerima gaji ke-13.

Pemberian gaji PNS ke-13 tahun 2020 tidak berlaku bagi pejabat negara, seperti presiden dan wakil presiden, lalu ketua, wakil ketua, dan anggota DPR, lalu ketua, wakil ketua, ketua muda, dan hakim agung pada Mahkamah Agung. Lalu, seperti menteri, pejabat eselon I dan II dan pejabat setingkatnya di instansi pemerintahan lainnya.

Gaji ke-13 tahun 2020 juga tidak berlaku bagi PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara serta yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan.

Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembayaran gaji ke-13 tahun ini sebesar Rp 28,5 triliun. Sebanyak Rp 14,6 triliun berasal dari APBN untuk PNS dan pensiunan di kementerian dan lembaga pusat dan Rp 13,89 dari APBD untuk PNS dan pensiun di pemda.

Anggaran dari APBN tersebut paling banyak untuk pembayaran gaji ke-13 pensiun, sebesar Rp 7,86 triliun. Sementara anggaran gaji ke-13 untuk PNS aktif sebesar Rp 6,73 triliun. (SR/YUS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *