by

BMKG Keluarkan Rilis Ancaman Cuaca, Jabodetabek Disebut-sebut…

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca tiga harian. Dalam laporan tersebut, sebagian besar wilayah di Indonesia akan diterpa hujan dan angin kencang pada Kamis (3/9/2020).

Intensitas hujan akan terjadi mulai dari ringan hingga deras di sejumlah daerah. Tak hanya itu, hujan juga akan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menjelaskan, hujan terjadi karena sirkulasi siklonik yang terpantau di Sulawesi bagian Tengah, kemudian membentuk konvergensi memanjang dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara dan di Kalimantan Utara. Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan Barat Sumatera Barat, yang membentuk konvergensi memanjang dari Sumatera Selatan hingga perairan Barat Bengkulu.

“Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitar sirkulasi siklonik dan konvergensi tersebut,” tulis BMKG di situs resminya.

Selain itu, adanya konvergensi memanjang dari perairan Barat Aceh hingga Selat Malaka bagian Utara, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah bagian Utara, di NTT, di Papua Barat, di Papua dan di perairan Utara Papua. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Peringatan dini cuaca di sejumlah provinsi di Indonesia yang disampaikan BMKG sebagai berikut:

  • Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Banten. Selain itu juga Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.
  • Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.
  • Sementara untuk Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat, BMKG memperingatkan berpotensi terjadi angin kencang pada cuaca hari ini.

(rt)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *