by

Untuk Soal ini, PSI Dukung Rizal Ramli…

Ketua DPP PSI Tsamara Amany sependapat dengan gugatan Rizal Ramli terkait ambang batas pencalonan Presiden. Rizal Ramli mengajukan gugatan judicial review ke Mahkamah Konstitusi agar presidential threshold (PT) dihapuskan menjadi 0 persen.

Tsamara Amany menilai PT 0 persen akan banyak menghadirkan calon alternatif bagi rakyat di Pilpres.

“Kalau untuk PT 0%, pada prinsipnya kita setuju. Semakin banyak calon alternatif dalam Pemilu semakin baik agar rakyat punya banyak pilihan,” kata Tsamara, Rabu (9/9/2020).

“Ada banyak tokoh-tokoh hebat seperti kepala daerah yang sukses saat ini dan ruang agar mereka bisa mencalonkan diri sebagai presiden harus dibuka. Bagi PSI, semakin banyak calon semakin banyak pilihan. Berikan keleluasaan pada publik untuk memilih,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Tsamara menilai perjuangan agar presidential threshold 0 persen tak hanya dilakukan secara eksklusif oleh Rizal Ramli serta kuasa hukumnya Refly Harus yang menurut Tsamara terafiliasi dengan KAMI. Menurut dia, banyak parpol yang berharap agar PT di Pilpres 2024 0 persen.

“Banyak partai politik, NGO, dan aktivis yang juga mengharapkan PT 0% agar Pilpres diisi banyak tokoh alternatif,” ujarnya.

Selain itu, Tsamara menilai gugatan yang dilayangkan Rizal Ramli yang terafiliasi dengan KAMI memiliki motif di Pilpres 2024. Sehingga, ia tak heran jika mereka memperjuangkan agar PT 0 persen.

“Kalau orang yang terafiliasi dengan KAMI menggugat saya kira tidak mengherankan juga. Toh memang sudah kelihatan bahwa ini gerakan untuk mempersiapkan calon presiden 2024 ketimbang gerakan oposisi alternatif terhadap pemerintahan saat ini. Artinya ini gerakan politik praktis bukan gerakan moral,” tandasnya.

(rt)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *