by

WHO Bilang, Vaksinasi Corona Baru Bisa Dimulai Bulan…

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi imunisasi massal vaksin COVID-19 baru dilakukan paling cepat pada pertengahan 2021, meski pemerintah Amerika Serikat sempat menyebut mereka akan melakukan imunisasi massal dalam hitungan pekan.

Bahkan, pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump telah memberi instruksi agar masing-masing negara bagian mulai melakukan vaksinasi pada 1 November 2020.

Tetapi, juru bicara WHO Margaret Harris menepis prediksi imunisasi massal bisa dilakukan dalam hitungan pekan, meskipun ada beberapa kandidat vaksin yang kini telah memasuki uji klinis tahap ketiga.

“Kita sudah mengetahui ada enam hingga sembilan (bakal vaksin) yang telah melalui proses penelitian,” ungkap Harris yang dikutip harian Hong Kong,¬†South China Morning Post¬†(SCMP), Minggu, 6 September 2020.

“Namun, dalam batas waktu yang realistis, kami memprediksi penyebaran vaksin COVID-19 baru akan terjadi hingga pertengahan tahun depan,” sambung dia.

Keinginan pemerintah di seluruh dunia mempercepat distribusi vaksin COVID-19 bisa dipahami. Sebab, korban akibat pandemik COVID-19 terus berjatuhan. Dalam kasus AS, Badan Pengendali Obat dan Makanan (FDA) diprediksi akan mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 sebelum proses uji klinis tahap ketiga rampung.

(RT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *