by

Jokowi : Ekonomi Indonesia Sudah Mendekati Normal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, roda ekonomi Indonesia hampir menuju posisi normal setelah pandemi corona menghantam ekonomi dunia termasuk Indonesia.

Salah satu indikatornya adalah pada Maret hingga April 2021 ini, laju pertumbuhan ekonomi sudah mulai membaik. Hal itu didasarkan oleh beberapa tren positif, mulai dari Purchasing Managers Index (PMI), konsumsi listrik, dan lainnya.

“Bulan Maret-April ini sudah kelihatan, ekonomi sudah hampir menuju pada posisi normal,” kata Jokowi saat memberikan arahan untuk kepala daerah se-Indonesia secara virtual, Rabu 28 April 2021.

Kepala Negara menargetkan pertumbuhan ekonomi nasional 2021 sebesar 4,5 hingga 5,5 persen. Ia optimis hal itu bisa tercapai asalkan di kuartal II 2021 perekonomian harus lebih dipacu.

“Sehingga target kita secara nasional di tahun 2021 ini target pertumbuhan kita 4,5-5,5 persen itu bisa kita capai. Dan itu dimulai sangat tergantung sekali pada PE di kuartal II 2021. Artinya apa, April, Mei, Juni ini sangat-sangat menentukan,” ucapnya.

Menurut Jokowi, jika angka Covid bisa ditekan tanpa membuat guncantan ekonomi, target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar tujuh persen harus bisa tercapai. “Kalau itu bisa tercapai, Insya Allah kita pada kuartal berikutnya akan lebih memudahkan,” tandasnya. (dns)