by

Pemerintah Didesak Gerak Cepat Tangani Banjir Bandang NTT

-Headline-99 views

Setidaknya 41 orang meninggal dan puluhan lainnya masih hilang dalam bencana banjir bandang di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4/2021).

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, mendesak pemerintah pusat melalui kementerian terkait dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dapat segera mengirimkan bantuan baik logistik dan alat berat guna mempermudah pencarian korban yang masih belum ditemukan.

“Semua pihak harus saling sinergis untuk membantu saudara kita di Flores Timur dalam proses evakuasi pencarian korban, bantuan obat obatan, makanan dan pakaian layak pakai dan posko pengungsian serta dapur umum dengan memprioritaskan anak anak dan usia lanjut agar tidak mudah terserang penyakit” kata Azis, Senin (5/4/2021).

Wakil Ketua Umum Golkar itu meminta agar Basarnas, BNPB, Kemensos, TNI dan Polri mempermudah pengiriman bantuan ke lokasi kejadian.

“Mengingat Lembata merupakan sebuah pulau yang cukup jauh untuk ditempuh dari pelabuhan Larantuka dan tidak bisa di tempuh oleh jalur darat,” papar Azis.

“Kecamatan Lembata merupakan daerah kepulauan, tentunya akses harus dipermudah dalam mengirimkan bantuan ke lokasi kejadian. Jangan sampai masalah transportasi menjadi kendala yang menyebabkan tertundanya bantuan kepada para korban bencana” sambung Azis.

Legislator dapil Lampung itu berdoa agar keluarga yang ditinggalkan akibat bencana banjir itu dapat tabah dan sabar.

“Turut berduka cita yang mendalam atas bencana yang menimpa saudara saudara kita di Flores Timur (NTT), Semoga keluarga korban yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan, serta ditempatkan di sisi Allah yang paling baik,” ujar Azis.

Pagi ini, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sudah berada di lokasi bencana untuk meninjau lokasi. Hingga kini, pencarian warga yang hilang dan evakuasi korban terus dilakukan. (*)