by

Pemudik Siap-siap! Gubernur Ganjar Berlakukan Aturan Baru Masuk Jateng…

-Headline-91 views

Pemerintah resmi melarang masyarakat untuk mudik lebaran 2021. Aturan ini berlaku mulai 6 Mei sampai 17 Mei 2021 termasuk di Jawa Tengah.

Meski begitu, Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penjagaan di daerah perbatasan sudah dilakukan sebelum hari pelarangan mudik

“Sebenarnya sudah ada 14 titik penjagaan. Tapi sebelum tanggal itu (larangan mudik), hari ini siapa pun yang pulang meski belum ada aturan akan kami cek di perbatasan,” ujar Ganjar, Sabtu (17/4).

Selain melakukan pengecekan, pihaknya juga akan melakukan rapid antigen bagi masyarakat luar Jateng yang hendak mudik di luar hari larangan.

“Mulai sekarang kita drop antigen, kami akan tes antigen secara random. Kalau nemu anda kami balikin. Hari ini juga kita balikin,” tegas dia.

“Maaf ya teman-teman kalau sekarang anda pulang enggak sehat nanti ketemu saya di jalan. Saya tes pakai antigen, kalau positif (COVID-19) kita putar balik. Mohon maaf,” sambungnya.

Ganjar juga mengapresiasi keluarnya pernyataan untuk tidak mudik dari Presiden Joko Widodo. Menurut dia, pernyataan dari presiden akan membuat semuanya menjadi jelas.

“Setuju banget jadi tidak hanya menteri yang ngomong. Jadi ada penegasan agar nanti tidak beda-beda dan yang di daerah menerjemahkannya sama. Pimpinan tertinggi sudah ngomong,” jelas dia.

Adapun 14 titik dan pos penyekatan di perbatasan Jawa Tengah dengan provinsi lainnya terletak di:

Perbatasan Jateng – Jabar

1. Tol Pejagan

2. Jalur Pantura: di Pangkalan truk Kecipir, Brebes

3. Jalur Selatan: Di Patimuan, Cilacap

Perbatasan Jateng – DIY

1. Jalur Selatan di Bagelen, Purworejo

2. Jalur Tengah di Salam , Magelang

3. Jalur Selatan di Prambanan, Klaten

Perbatasan Jateng – Jatim:

1. Tol Sragen

2. Pantura di Sarang, Rembang

3. Cepu, Blora

4. Selatan ada di Cemorokandang, Karanganyar

5. Nambangan, Wonogiri

4. Sambungmacan, Sragen

“Lalu dua pos penyekatan selanjutnya ada di Cilacap (Mergo) dan Banyumas,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syafirudin.

Sementara, 6 lokasi rapid test antigen dan drive thru di rest area berdasarkan data dari Ditlantas Polda Jawa Tengah yakni:

2 pos rapid antigen gratis

– KM 352A (Brebes)

– KM 429A ( Semarang)

4 drive thru rapid antigen gratis

– KM 379A (Batang)

– KM 465B (Semarang)

– KM 519B ( Sragen)

– Pospam Ciputra (Kota Semarang).

(adt)