by

Tidak Memenuhi Syarat ASN, Nasib 75 Pegawai KPK Dibikin Tak Jelas

-Headline-11 views

Nasib 75 pegawai KPK yang tidak lulus menjadi ASN terkatung-katung. KPK dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) saling melempar tanggung jawab.

Para pegawai itu dinilai tidak memenuhi syarat untuk menjadi ASN berdasarkan hasil Tes Wawasan Kebangsaan. Tes digelar oleh KPK dengan bekerja sama dengan BKN.
Pada praktiknya, BKN melibatkan BAIS TNI, BIN, BNPT, hingga TNI AD dalam tes tersebut. Tes dilakukan terhadap 1.351 pegawai KPK. Hasilnya, 75 pegawai tak lolos.
KPK menyatakan belum akan memecat 75 pegawai tersebut sebab masih akan berkoordinasi dengan KemenPAN RB dan BKN.

“KPK akan melakukan koordinasi dengan KemenPANRB dan BKN terkait tindak lanjut terhadap 75 pegawai yang dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Selama belum ada penjelasan dari KemenPAN RB dan BKN, KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan TMS,” bunyi keterangan KPK yang dibacakan Sekjen Cahya Hareffa dalam konferensi pers pada Rabu (6/5/2021).

Namun, pendapat lain diungkapkan MenPANRB, Tjahjo Kumolo. Politikus PDIP itu menyebut keputusan nasib 75 pegawai tersebut merupakan kewenangan KPK.

“Ini kan intern rumah tangga KPK,” ujar Tjahjo kepada wartawan.

Tjahjo menegaskan KemenPANRB tak ikut dalam proses TWK tersebut, lantaran rangkaian tes dilakukan KPK bekerja sama dengan BKN.

Setelah hasil TWK diserahkan BKN, kata Tjahjo, seharusnya KPK bisa menentukan nasib para pegawai yang tak lolos.
Ia heran mengapa kini KPKĀ seolah menyerahkan nasib para pegawai tersebut kepada KemenPANRB.

“Hasil diserahkan ke pimpinan KPK, ya, sudah selesai. Kok dikembalikan ke KemenPANRB, dasar haknya apa,” kata Tjahjo mempertanyakan. (adt)