by

Segarnya Kari Lam Legendaris di Tepian Barat Ibukota

“Tak kenal maka tak sayang” begitulah kata pepatah yang menyatakan ketika kita tidak mengenal sesuatu. Beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk berjalan- jalan ke daerah ibukota untuk mencari makanan yang sudah lama berdiri disana dan kakak saya mengusulkan untuk menelusuri bagian barat Jakarta tepatnya di Glodok dan satu sajian menarik perhatian saya.Yuk! Kita kenalan dengan hidangan legendaris satu ini, Kari Lam.

Kari Lam merupakan hidangan nan lezat yang menggugah selera saya, awalnya saya masih mencari-cari makanan yang cocok di perut saya selagi menelusur, namun wangi kuah kari yang terkuak saat itu menarik saya untuk mampir walau saya masih berada di jalan awal Gang Gloria. Di sepanjang Gang Gloria masih banyak sajian-sajian yang bisa disantap namun kebanyakan non-halal dan memang primadona Gang Gloria adalah Kari Lam. Saat saya sampai di penghujung Gang Gloria, disaat itu lah saya menemukan sumber wangi kari yang gurih dan cukup membuat perut saya meronta-ronta. Rumah makan Kari Lam hanya sekedar kedai kecil dengan tulisan besar “Kari Lam” di gerobaknya. Di kedai Kari Lam ini memang hanya menyajikan satu makanan yaitu Kari Lam, tidak ada makanan lain, untuk minuman yang ditawarkan pun sederhana seperti es teh manis, es jeruk, dan air mineral.

Kari lam merupakan sajian berkuah kari kental nan gurih yang cocok untuk sarapan maupun makan siang dengan isian bihun, mie, sayur, kentang, daging, dengan taburan emping diatasnya sungguh nikmat bukan? Ditambah lagi potongan daging yang disajikan sangatlah besar, kentang didalamnya pun cukup banyak sehingga satu porsi Kari Lam cukup untuk berdua. Saat pertama kali Kari Lam mendarat dihadapan saya, saya bergegas mencoba kuah nya dan rasanya? Sangatlah tidak terduga! Kari nya begitu kaya akan rasa rempah dan gurih apalagi ditambah dengan sambal yang disajikan membuat saya berkeringat saat memakannya, jangan lupa siapkan tissue, ya! Karena bakal terasa banget nih panasnya! Yang membuat saya lebih puas lagi adalah dagingnya! Walau dipotong besar-besar namun tidak keras sama sekali,lho! Sangat empuk, belum lagi tekstur kentang dalam porsi Kari Lam sangatlah lembut buat saya ingin pesan porsi kedua! Oh, iya! Kari Lam juga cocok, lho! dipadu padankan dengan nasi hangat tinggal request sama engkoh nya tambah nasi ya!

Processed with VSCO with m4 preset

Selain mengenyangkan Kari Lam tidak mengorek kocek yang besar! Hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp50 ribu sudah bisa menikmati seporsi Kari Lam yang dikenal dengan kentalnya kari! Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Yuk, icip Kari Lam di Gang Gloria usai pandemi!

Penulis: 

Shopie Grace. **)