by

7 Tips Hidup Sehat Cara Nabi Muhammad SAW

Tips menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW ini patut kita contoh. Dalam menjalani hidupnya, Nabi Muhammad SAW hanya mengalami sakit sebanyak dua kali, yakni ketika diracuni orang Yahudi dan saat menjelang kematiannya. Beliau selalu tampak sehat dan bugar karena pandai dalam menjaga kesehatan, seperti mengatur pola makan, tidur, dan olahraga.

Kalau kamu memiliki tubuh yang sehat, jangan pernah lupa bersyukur. Bila kondisi kesehatan fisik kuat didukung dengan mental yang sehat, maka produktivitas pun bisa semakin tinggi.
Kamu ingat ada pepatah latin yag menyebutkan, mens sana in corpore sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Itulah mengapa sehat itu mahal harganya.

Dilansir dari beberapa sumber pada Senin (21/9/2020), ada 7 tips menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengkonsumsi makanan halal

Mengkonsumsi makanan halal memang sudah seharusnya dilakukan oleh umat Islam. Sebab, Allah SWT pastinya telah melarang umat-Nya untuk mengkonsumsi yang haram karena tidak baik untuk tubuh dan Nabi Muhammad SAW mematuhi perintah-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nahl ayat 114 yang artinya:
“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”

BACA JUGA:  Viral! Harga Daun Pisang di Jepang Rp 700 Ribu Per Lembar, Geger Warga Indo Pengen Ekspor

2. Rutin berolahraga

Berolahraga sudah menjadi kebiasaan rutin yang dijalani baginda Nabi Muhammad SAW. Bahkan, beliau juga mengajak anak dan istrinya untuk berolahraga.
Olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah memanah, berkuda, dan berenang.
“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (HR. Muslim)

3. Rajin berpuasa

Tips menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW yang ketiga adalah rajin berpuasa. Beberapa manfaat puasa yang dapat kamu rasakan adalah menyehatkan organ-organ vital.
Nabi Muhammad SAW biasanya melaksanakan puasa Senin dan Kamis.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

BACA JUGA:  Ekonomi Lagi Seret, Istri Indra Bekti Dirawat Pakai BPJS

4. Mengonsumsi obat herbal

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal untuk menerapkan pola hidup sehat. Biasanya, beliau mengonsumsi jintan hitam atau habbatussauda, kurma, dan madu.
Di dalam dunia kesehatan pun, madu dan kurma memiliki banyak manfaat, salah satunya menetralisir racun.

5. Bekam

Selain mengonsumsi obat herbal, Nabi Muhammad SAW juga akan melakukan terapi bekam jikalau badannya terasa kurang fit.
Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori)

6. Tidak mudah marah

Mungkin kamu akan bingung, kok hal ini menjadi tips Nabi Muhammad SAW dalam menjaga kesehatan?
Nah, ternyata tidak mudah marah dapat memberikan efek bagi kesehatan tubuh. Nabi Muhammad SAW pernah menasihati salah seorang sahabatnya sebanyak tiga kali, yaitu “jangan marah”.
Ini menunjukkan kalau hakikat kekuatan manusia terletak pada kebersihan jiwa.

BACA JUGA:  Pesona Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

7. Tidak begadang

Pola hidup yang sehat selalu diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk dalam mengatur pola tidur. Biasanya, Nabi Muhammad SAW tidak begadang dan lebih memilih tidur sekitar jam 9 malam atau selepas salat Isya, kemudian bangun di sepertiga malam terakhir.
Nah, begitulah tips menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu tiru, hijabers.(dms)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%