by

Bergaji Mentereng, Ini yang Harus Kamu Persiapkan Jika Ingin Jadi Pramugari

Memiliki karir di dunia penerbangan itu susah-susah gampang, tapi berkarir di dunia penerbangan bisa dikatakan sebagai jalan karir elit. Berbagai persyaratan khusus dan proses yang cukup panjang membuat kesempatan bekerja di dunia penerbangan cukup sulit didapatkan.

Tapi keuntungan yang didapatkan dari bekerja di penerbangan pun juga sepadan dengan kesulitannya. Tidak hanya gaji besar, jenjang karir di dunia penerbangan pun jelas, tidak sulit mencapai achievment/goal yang bisa membuka kesempatan bekerja di perusahaan penerbangan yang lebih elit lagi dengan lebih mudah.

Dalam dunia penerbangan selain Pilot sebagai profesi populer ada Pramugari yang juga berperan sebagai wajah dari sebuah maskapai penerbangan. Yup, Pramugari atau Flight Attendant tidak hanya berperan sebagai pemberi layanan kepada penumpang tapi juga sebagai wajah dari perusahaan penerbangan itu sendiri. Untuk itu menyeleksi seorang Pramugari sama sulit dan repotnya dengan menyeleksi seorang Model pakaian.

BACA JUGA:  Rizky Billar dan Lesty Kejora Makin Lengket, Jadi Kapan nih?

Tugas inti dari seorang Pramugara/i adalah menjaga keselamatan para penumpang di pesawat dan melayani kebutuhan penumpangnya atau biasa disebut serving seperti menyediakan makanan, minuman, selimut, obat-obatan bahkan membantu penumpang untuk menurunkan atau memasukan koper atau tas kedalam bagasi pesawat.

Pramugara/i juga bertugas melakuan simulasi siap siaga kepada penumpang jika ada keadaan darurat lalu pekerjaan lain yang masuk juga kedalam serving seperti eminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, menyeleksi barang yang harus dibawa di luggage bins atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.

Sebenarnya setiap Air Lines memiliki beberapa persyaratan khusus untuk merekrut Pramugari. Ada yang harus minimal menguasai 4 bahasa, memiliki pengalaman bekerja di bidang pelayanan pelanggan minimal 2 tahun atau tidak boleh memiliki tatto di badan. Tapi tetap saja secara umum semua penerbangan memiliki beberapa kualifikasi dan persyaratan yang 70% sama.

BACA JUGA:  Anies Injak Rem, Nikita Mirzani Ngegas

Berikut contoh kualifikasi dan persyaratan menjadi Pramugari di penerbangan Garuda Indonesia yang bisa dijadikan patokan:

Kualifikasi Pramugari Garuda Indonesia:

Warga negara indonesia (WNI)
Wanita
Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya.
Persyaratan Calon Siswa FAT

Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
Single
Sehat jasmani dan rohani
Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran
Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas
Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)
Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.
Tahapan Seleksi Siswa Pramugari (Flight Attendant) Garuda Indonesia

Pengukuran tinggi/berat badan & Test Penampilan
Psikotest & Bahasa Inggris
Background Check & Wawancara Kompetensi
Pantuhir
Medical Examination (Medex).

BACA JUGA:  Herjunot Ali Cerita Soal Hidayah Setelah Temukan Ayat Alquran ini...

Setiap perusahaan termasuk maskapai penerbangan pasti memiliki standar dan aturan khusus sendiri dalam memberikan gaji kepada para awak kabin pesawatnya. Nah, untuk seorang Pramugara/i Berdasarkan data gaji yang dikumpulkan Qerja.com, gaji Pramugari rata-rata di NAM Air Rp8 juta. Sementara gaji pramugari yang bekerja di PT Lion Mentari Airlines sekitar Rp8,4 juta.

Sementara untuk maskapai sekelas PT Garuda Indonesia (persero) Tbk bisa memberi gaji kepada Pramugarinya sekitar Rp14,8 juta, PT Sriwijaya Air memberikan gaji sebesar Rp19,5 juta dan Pramugari Cathay Pacific Airways Ltd. bisa mendapat penghasilan hingga Rp25,5 juta. (den)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%