by

Hindari Bergaul dengan Tiga Jenis Toxic People ini, Biar Hidupmu Tak Madesu

Istilah toxic people pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Istilah ini merujuk pada orang yang bisa memberikan dampak negatif dalam kehidupanmu. Biasanya toxic people memiliki sifat dan perilaku buruk yang dapat merugikan dirinya dan orang lain. Alhasil membuat masa depan suram (madesu). Maka dari itu, kamu harus berhati-hati.

Orang-orang yang masuk dalam jajaran toxic people senantiasa ada di hidup kita bahkan masuk kedalam lingkungan kita sehari-hari. Kita mungkin tidak menyadarinya, padahal mereka sangat dekat dan bisa mempengaruhi bahkan merugikan kehidupan kita.

Oleh karenanya, kita harus waspada agar terhindar dari orang-orang tersebut terutama yang perlu diperhatikan adalah jejaring pertemanan kita. Ini penting dan ini bukan berarti kita memilih-milih teman namun, memang kita perlu mengatur pergaulan agar tidak terpengaruh ke hal-hal yang buruk hanya karena memiliki teman yang toxic.

Agar kamu bisa memilah jaringan pertemanan, Fimela.com akan membagikan informasi 3 tipe orang yang perlu dihindari dalam kehidupanmu. Melalui ulasan ini, kamu bisa mengenali dan lebih peka terhadap orang-orang yang harus kamu hindari dalam kehidupanmu demi kebaikanmu sendiri.

Tipe orang yang perlu dihindari pertama ialah mereka para oportunis. Merujuk pada istilah, oportunis adalah suatu aliran pemikiran yang menghendaki pemakaian kesempatan untuk menguntungkan dirinya sendiri. Tentunya dari pengertian ini saja kamu sudah bisa menebak mengapa tipe oportunis perlu kamu hindari.

BACA JUGA:  Ahmad Dhani Bela Jerinx, Harusnya Brummer SID itu...

Orang dengan tipe oportunis bisa jadi mampu melakukan apa saja demi kepentingan pribadinya. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka memiliki kemampuan memanipulasi emosi dengan sangat baik. Artinya, mereka dapat memilih kepribadian seperti apa yang mereka ingin tunjukkan demi kepentingan mereka saat itu.

Pastinya tipe ini bisa kamu sebut dengan fake person karena dia bisa saja membohongi orang lain bahkan membohongi dirinya sendiri demi tujuan pribadinya dapat terwujud. Kamu perlu menghindari tipe oportunis karena bisa saja dia memanfaatkanmu demi kepentingan pribadinya dan bisa saja kamu tertipu olehnya.

Kedua, tipe orang yang perlu kamu hindari selanjutnya adalah mereka yang suka bermain drama. Bergaul dengan tipe ini pasti akan sangat merepotkanmu karena biasanya mereka senang membesar-besarkan masalah yang sebenarnya bisa dengan mudah diselesaikan.

Tipe drama biasa mendramatisir keadaan seolah-olah apa yang ia hadapi adalah permasalahan paling besar dan orang-orang harus memperhatikannya. Tentunya orang dengan tipe seperti ini adalah orang yang tidak dewasa dan senang mendapatkan perhatian sehingga ia sering melakukan berbagai drama agar tetap jadi sorotan banyak orang.

BACA JUGA:  Pesona Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Bukan hanya merepotkan, pastinya kamu juga akan dibuat tidak nyaman dengan kehadiran orang ini dalam kehidupanmu. Salah satu pengaruh buruk yang bisa ia tularkan kepadamu adalah kebiasaan overthinking yang tidak beralasan tetapi hanya berdasar pada prasangka-prasangka pribadi saja.

Maka dari itu, lebih baik kamu menjauhi orang dengan tipe ini agar hidupmu lebih tenang dan bebas akan drama. Bergaul dengan orang yang suka drama juga rawan menimbulkan perselisihan karena bisa saja permasalahan kecil dibesar-besarkan dan akhirnya membuat hubungan pertemananmu menjadi tidak sehat.

Terakhir, tipe orang yang perlu kamu hindari adalah mereka yang hobi mengkritik. Kritik yang membangun memang diperlukan untuk sebuah perbaikan dan kemajuan. Namun, hal ini nampaknya berbeda apabila orang tersebut memang suka mengkritik semua hal.

Pastinya berteman dengan tipe pengkritik merupakan sebuah pilihan buatmu. Jika yang dikritiknya adalah hal baik dan itu bisa membuatmu lebih maju maka, mungkin dia bisa jadi reminder dalam berbagai hal namun, jika semua hal ia kritik bahkan tidak pernah memberikan apresiasi maka, sebenarnya satu-satunya yang bermasalah adalah dirinya.

BACA JUGA:  Ini Cara Dian Sastrowardoyo Jaga Anak dari Covid-19

Perlu dipahami bahwa orang yang hobi mengkritik bisa jadi karena dia meman memiliki pemikiran yang kritis atau dia hanya menutupi sifat kedengkiannya terhadap banyak hal dengan cara melakukan kritik. Tentunya ini dua hal yang berbeda.

Biasanya mereka yang terlalu banyak melakukan kritik sangat sulit mengapresiasi hasil kerja orang lain karena jauh didalam dirinya memiliki sebuah hasrat untuk selalu jadi yang terbaik. Maka dari itu, cara untuk menjatuhkan orang lain dengan kritikannya.

Tentu tipe seperti ini juga wajib kamu hindari karena bisa memberikan banyak dampak buruk terhadapmu bahkan kamu bisa mengalami bully akibat kritikan yang ia berikan. Memelihara pertemanan dengan tipe orang seperti ini tidak akan membuatmu maju, justru kamu akan terus merasa rendah diri karena kritikannya. (dns)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%