by

Jojorong, Kue Khas Suku Banten, Masyarakat Lebak Wajib Tau!

Kue jojorong atau Jojorong adalah makanan khas suku Banten dari Kabupaten Pandeglang. Makanan ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren. Tempat atau mangkuk kuenya berbentuk persegi dan terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Oleh sebab jojorong berbahan dasar santan, kue ini harus langsung disantap ketika disajikan karena mudah basi.

Jojorong biasanya hanya dapat dinikmati ketika ada acara hajatan di daerah Banten, terutama Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Pada acara sunatan atau pernikahan, jojorong menjadi sajian tuan rumah bagi para tamu yang disandingkan dengan makanan trandisional lain. Meski begitu, ketika bulan ramadan jojorong lebih mudah didapatkan karena kue ini selalu menjadi makanan berbuka yang wajib ada bagi masyarakat Banten.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue jojorong khas banten yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Jojorong khas Banten memakai 12 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

BACA JUGA:  Potret Pembangunan Manusia di Banten Sepanjang 2021

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Jojorong khas Banten:

  1. Siapkan 300 gram gula merah.
  2. Sediakan Daun pisang untuk membuat takir.
  3. Sediakan Bahan A.
  4. Sediakan 100 gram tepung beras.
  5. Sediakan 1 sdm tepung tapioka.
  6. Siapkan 1/2 sdt garam.
  7. Siapkan 450 ml santan encer.
  8. Ambil 2 tetes pasta pandan.
  9. Ambil Bahan B.
  10. Siapkan 3 sdm tepung tapioka.
  11. Siapkan 1/2 sdt garam.
  12. Gunakan 150 ml santan kental.

Kue jojorong mempunyai bentuk yang mungil dengan sensasi rasa belum diketahui pasti kenapa makanan khas Banten ini dinamakan dengan kue pasung. Kue pasung sendiri adalah kue yang mirip dengan kue. Kue Jojorong merupakan salah satu makanan khas dari daerah Banten. Kue jojorong ini sangat terkenal lho di daerah Banten.

BACA JUGA:  Kemenkes Pastikan Akses Vaksinasi untuk Masyarakat Adat Baduy

Langkah-langkah membuat Kue Jojorong khas Banten:

  1. Buatlah takir dari daun pisang.
  2. Campurkan bahan A aduk² kemudian saring begitu pula dengan bahan B.
  3. Iris gula merah.
  4. Siapkan seluruh bahan tata takir dalam kukusan.
  5. Tata gula merah kemudian tuang adonan A kemudian kukus selama ±20 menit.
  6. Setelah agak matang kemudian buka tutup kukusan lalu tuang adonan B dan kukus kembali selama 15 menit.
  7. Setelah matang angkat dan sajikan. Kue yang rasanya gurih manis dan lembut pun siap di nikmati.

Terutama di daerah Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Kue jojorong yang dibuat dari bahan dasar tepung kanji dan tepung beras yang disajikan bersama gula merah. Kue Jojorong Tradisional Khas Banten – via Instagram: @inaya_khawasie. Kudapan kue jojorong juga menjadi salah satu incaran para wisatawan yang liburan ke kawasan Banten. Kudapan yang sering disajikan di hari besar keagamaan ini memiliki citarasa yang gurih dan manis.

BACA JUGA:  Yuk, Dateng ke Pameran Kerajinan Mandalika!

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue Jojorong khas Banten yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

(Naskah kiriman Ibu Ria, Pengurus PKK Lebak, Banten)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%