by

Megawati dan Jokowi Bertemu, Reshuffle Kabinet Bisa Jadi Dipercepat

Kabar akan adanya Reshuffle Kabinet Jilid III Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri beberapa waktu yang lalu memberi tanggapannya soal Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap dapat kritikan tak beretika. Baru-baru ini, keduanya bertemu di acara purna pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka). Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi.

Pertemuan kedua tokoh tersebut bisa jadi menjadi titik temu sekondan politik yang akhir-akhir ini terlihat memanas. Megawati tak sekali dua kali mengkritik keras Jokowi karena keberadaan sejumlah pembantunya yang dinilai lelet dan tidak prihatin menanggapi pandemi Covid-19. Pertemuan Mega dan Jokowi bisa menjadi pertanda kuat akan adanya reshuffle di kabinet pemerintahan dalam waktu dekat.

Jauh-jauh hari, desakan sejumlah akademisi dan pegiat politik agar Jokowi melakukan pergantian menteri yang tidak fokus dalam bekerja memang mengencang. Lebih parah, ada pula menteri yang malah promosi diri dalam persiapan Pilpres 2024.

BACA JUGA:  Tjahjo Kumolo: Andika Perkasa Sangat Memahami Jokowi

Untuk diketahui, Megawati juga mengeluarkan pengakuan bahwa dirinya cukup sedih melihat banyak pihak yang memberikan hinaan serta kritikan tak layak kepada Jokowi. Megawati melihat, begitu banyak orang yang menilai pemerintahan Jokowi gagal dalam penanganan Covid-19. Ia pun pasang badan dan meminta kepada para pihak yang menilai gagal, agar segera bertemu Jokowi secara baik-baik dan mendiskusikan di mana letak kegagalan pemerintah.

“Saya hanya ingin orang itu datang baik-baik bertemu Pak Jokowi. Kegagalannya di mana dan konsep dari orang itu supaya tidak gagal seperti apa,” kata Megawati ketika itu.

Bisa jadi curhatan Megawati ini menjadi bocoran menteri mana saja yang akan dicopot di tengah jalan. Kabar berhembus dari dapur Istana Kepresidenan, reshuffle menjurus pada sejumlah nama, diantaranya Johnny Gerard Plate, Moeldoko, Ida Fauziah, Airlangga Hartarto dan Syahrul Yasin Limpo. Benarkah Megawati kecewa dengan penanganan pangan dan bantuan untuk warga kecil? Atau panas hati lantaran banyak menteri-menteri Jokowi yang sibuk menyiapkan diri di Pilpres 2024? Kita tunggu episode “Ikatan Cinta Istana” selanjutnya. (*)

BACA JUGA:  Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Banten, Ini Pesan Presiden RI

Tim Editorial,

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%