by

PAN Masuk Gerbong Indonesia Maju, Bima Arya Gantikan Moeldoko?

Pertemuan ketua-ketua partai politik (parpol) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (25/8/2021) tentu bukan agenda peringas-peringis dan cipika-cipiki biasa. Jokowi menggelar karpet merah atas bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke Koalisi Indonesia Maju. Bergabungnya partai besutan Zulkifli Hasan ke kabinet Jokowi-Maruf itu sebenarnya bukan berita baru. Karena jauh-jauh hari, Bima Arya Sugiarto (Ketua DPP PAN) dan Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN) telah berkali-kali diundang berbicara khusus oleh Presiden Jokowi. Bima Arya dan Jokowi nampaknya telah berbicara empat mata soal rencana aksi untuk Kabinet Indonesia Maju ke depan. Paling tidak, Jokowi ingin dibantu hingga masa bakti berakhir 2024 mendatang.

Lalu, kursi menteri apa yang dipersiapkan Jokowi untuk Bima Arya Sugiarto? Soal ini, memang hanya Jokowi, Bima Arya dan Tuhan YME yang tahu. Buktinya, berkali-kali ditanya soal kesiapan di posisi mana akan diperbantukan Presiden Jokowi, Bima Arya tak menjawab secara spesifik. Namun, Pria 48 tahun itu siap ditugaskan dimana pun jika Merah Putih memanggil. Doktor Ilmu Politik Australian National University itu juga tak segan menegaskan pekerjaan utamanya saat ini adalah memajukan Kota Bogor dan memuliakan warganya.

Bocoran yang terdengar dari dapur Istana Kepresidenan RI menyebutkan, Jokowi sering bertemu dengan Bima Arya untuk meminta kesiapannya membantu komunikasi publik ke akar rumput. Latar belakang Bima Arya sebagai akademisi dan ahli komunikasi politik menjadi modalitas yang kuat kenapa Jokowi berkali-kali mengajak diskusi Politikus PAN itu. Pertimbangan lain tentu adalah keberanian Bima Arya menjadi Tim Sukses Jokowi-Maruf di Pilpres 2019 lalu. Padahal, PAN secara tegas mendukung Prabowo-Sandi Uno. Keberanian politik Bima Arya di Pilpres 2019 itu tentu juga menjadi pertimbangan besar bagi Jokowi bahwa Wali Kota Bogor itu memiliki fatsun dan loyalitas yang sangat kuat.

BACA JUGA:  Entah Apa yang Merasuki! Emak-emak dan Berondong Tertangkap Begituan di Toilet Stasiun Cilegon

Benarkah Bima Arya akan disiapkan menjadi Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) atau Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo)?

Kita tunggu ya. (*)

 

Tim Editorial,

 

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%