by

Sejarah Hari Belanja Online Nasional

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2021 merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang akan memberikan berbagai macam diskon transaksi pada beberapa ritel. Event HBDI 2021 sendiri berlangsung dari tanggal 1-29 Agustus 2021.

Pada tahun ini, HBDI memasuki penyelenggaraan ke-5. Tema yang diangkat pun menyesuaikan dengan kondisi Indonesia yang sedang menggalakkan program vaksinasi COVID-19, yakni #YukVaksinYukBelanjaSehatSemua. Selain itu, karena berlangsung di tengah pandemi dan PPKM Darurat, HBDI 2021 akan diselenggarakan secara hybrid, atau gabungan online dan offline.

Pengambilan tema tahun ini bukan tanpa alasan. Sebab dengan mendorong percepatan program vaksinasi COVID-19 diharapkan dapat segera membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Jika sudah terbentuk, maka kepercayaan masyarakat pada industri kreatif di Indonesia akan bangkit kembali Sehingga akan memicu pertumbuhan daya beli dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Untuk mendukung hal tersebut, dalam penyelenggaraan HBDI 2021, HIPPINDO juga menggelar beberapa sentra vaksin di 10 kota, dengan total distribusi dosis vaksin Sinovac sebanyak 250 ribu dosis. Vaksinasi ini ditujukan bagi masyarakat usia 17 tahun ke atas, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel: pelaku ekonomi kreatif, supplier, distributor, hingga karyawan pabrik.

Selain itu, masyarakat umum dan penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan vaksin gratis dengan mendaftarkan diri melalui laman HIPPINDO.com, Halodoc, dan Good Doctor.

Antusias Terus Meningkat

HBDI 2021 akan diikuti sekitar 300 pelaku ekonomi kreatif dan 800 brand, termasuk asosiasi yang berada dalam ekosistem HIPPINDO. Dengan banyaknya antusias dari para pelaku ekonomi kreatif tersebut, HBDI 2021 digadang-gadang sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Pasalnya, pada 2019 tercatat nilai transaksi pada HBDI mencapai Rp20 triliun, dan di 2020 naik menjadi Rp22,9 triliun. Hal ini pun diperkuat data statistik terkait jumlah pelaku ekonomi kreatif dan pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam HBDI terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam 4 tahun terakhir jumlah peritel yang ikut dalam gelaran HBDI tumbuh hingga  2 kali lipat.

Selain itu, HBDI 2021 sekaligus memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dan menjadi lokomotif transformasi digital pada ekonomi kreatif ke depannya. Pasalnya transformasi digital memungkinkan pelaku ekonomi kreatif mengakses pasar yang lebih luas, membenahi proses bisnis menjadi lebih efisien, tata kelola usaha dan SDM yang lebih teratur, serta akses ke pembiayaan yang lebih mudah.

Promo Menarik dari HBDI 2021

Sesuai dengan namanya, HBDI pasti akan banjir promo belanja, baik secara online maupun offline. Salah satunya adalah diskon belanja harga 76%, dan cashback spesial Rp76.000. Pemilihan angka tersebut juga dalam rangka menyambut HUT RI Ke-76.

Promo-promo tersebut bisa kita dapat langsung di beberapa peritel, atau pada platform e-commerce melalui official store para pelaku ekonomi kreatif yang terdapat di Tokopedia, Shopee, Zalora, Gojek, dan Grab, yang turut menyemarakkan HBDI 2021.

Selain itu, HBDI 2021 juga menawarkan promo menarik bagi para konsumen yang sudah divaksin. Dengan menunjukan kartu vaksinasi resmi saat berbelanja, konsumen akan mendapatkan berbagai promo dari para peritel.

Keunikan dari HBDI 2021 tidak hanya dari banyaknya promo yang ditawarkan saja. Tapi juga bisa kita lihat dari logo yang diusung HBDI 2021. Pasalnya, HBDI 2021 mengusung kain tenun khas Nusa Tenggara Timur sebagai logo utamanya.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, secara tidak langsung keberadaan kain tenun pada logo HBDI 2021 sekaligus menjadi bentuk dukungan untuk Labuan Bajo sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas. (hum)

BACA JUGA:  Ini Alasan DPR Meyakini Ekonomi Syariah Tetap Berdaya di Masa Pandemi
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%