by

Kenapa Seseorang Bisa Terpapar Radikalisme? Baca ini Biar Nggak Gagal Paham…

-Nasional-16 views

Banyak faktor yang menjadi penyebab radikalisme tumbuh subur di Tanah Air. Penyebaran berita bohong atau hoaks menjadi pendorong mereka yang tak puas dengan kondisi dan situasi sebuah wilayah berbuat radikal.

Sejak dulu hingga sekarang paham radikalisme terbentuk sebagai respons atas ketidakadilan dan makin meluasnya kesenjangan sosial masyrakat. Mereka yang terpapar dengan paham tersebut ingin melakukan perubahan dengan cara yang salah. Agama menjadi media untuk mengekspresikan kedok kebenciannya terhadap negara. Islam, lagi-lagi disudutkan telah melahirkan paham tersebut.

Mereka melakukan tindakan dengan cara yang tidak tepat yang mengatasnamakan agama. Mereka mempelajari itu melalui media sosial. Penyebaran berita di media sosial dengan tujuan menghasut orang-orang antipemerintah juga semakin subur. Tanpa filter dan sulit dikendalikan.

BACA JUGA:  Heboh! Beredar Surat Perintah Wajib Pakai Gamis untuk Pegawai Kecamatan Ciputat

Penjabaran radikalisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga makna. Radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik. Atau makna lainnya radikalisme merupakan sikap ekstrem dalam aliran politik. Juga, radikalisme adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis.

Oleh karena itu, Polri meminta kepada seluruh pemangku kepentingan berupaya saling mencegah terjadinya penyebaran paham dan ideologi radikalisme di kalangan anak muda. Khususnya pengambil kebijakan yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan, sosial, keagamaan, komunikasi dan keamanan di lingkungan masing-masing. (den)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%