by

Kerajinan Tangan Khas Banten yang Wajib Kamu Tau!

Selain terkenal akan tempat wisatanya, Banten juga terkenal akan beberapa kerajinan tangannya. Kerajinan-kerajinan tangan tersebut dibuat langsung oleh penduduk asli Banten dan mempunyai keindahan dan ciri khasnya tersendiri. Bahkan, beberapa kerajinan tangan khas tersebut juga mengandung nilai-nilai mistis di dalamnya.

Apa saja kerajinan-kerajinan tangan khas Banten tersebut?

Kerajinan khas Banten yang pertama adalah Gerabah Bumi Jaya. Kerajinan tangan yang menjadi salah satu ikon Banten ini sudah ada sejak zaman lampau, dan masih terus eksis dari zaman ke zaman.

Para pengrajin gerabah ini berasal dari Desa Bumi Jaya yang memang terkenal sebagai kampong pengrajin gerabah di Banteen. Karena berasal dari Desa Bumi Jaya, maka tak mengherankan jika gerabah ini dinamai dengan Gerabah Bumi Jaya.

BACA JUGA:  Banten Tak Aman, Dikepung Zona Merah Covid-19

Ciri khas utama kerajinan tangan ini adalah bentuknya yang menyerupai gerabah zman klasik dan dikenal sebagai gerabah yang kuat. Adapun sebab yang membuat gerabah ini kuat adalah bahan dasarnya yang berupa tanah lempung berkualitas baik.

Gerabah Bumi Jaya sendiri biasanya berbentuk produk berupa gentong, tungku, pot bunga, kendi, dan lain sebagainya. Ke semua produk gerabah tersebut tak hanya di jual di Banten dan daerah-daerah lain di luar Banten, melainkan juga dijual hingga ke luar negeri.

Tak hanya di Gerabah Bumi Jaya, Banten juga punya satu jenis gerabah lain yang patut diketahui. Gerabah tersebut tak lain adalah Gerabah Bandalu buatan warga Desa Bandalu. Gerabah satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan, terutama wisatawan yang sering berkunjung ke Pantai Anyer. Hal itu dikarenakan gerabah satu ini memang sering dijual di sekitar area tempat wisata tersebut.

BACA JUGA:  Sukses Mikha Suparmin Ubah Limbah Jadi Tikar hingga Tas Unik

Selain berbentuk dan digunakan sebagai alat dapur, Gerabah Bandulu juga mempunyai nilai seni yang tinggi. Maka tak heran bila gerabah ini juga sering dijadikan cinderamata sekaligus pajangan bagi para wisatawan. Jika kita menyambangi kampong penghasil gerabah ini, maka kita bisa melihat proses pembuatan gerbaah ini, dari pembentukan tanah liat yang merupakan bahan dasarnya, hingga gerabah ini siap untuk dijual ke psaran.

Golok Ciomas merupakan senjata tradisional khas Banten yang dipakai oleh para Jawara di kota Banten. Golok ini dibuat oleh para warga yang tinggal di Kampung Sibopong, Desa Citaman, Kecamatan Ciomas, Banten.

Saking tenarnya golok ini, sampai-sampai ada beberapa oknum yang membuat tiruan daripada golok ini. Jiika hendak membeli Golok Ciomas yang asli, maka disarankan untuk datang langsung saja ke Kampung Sibopong.

BACA JUGA:  Buka Musprov VI Kadin Banten, Wagub Ingatkan Fokus Pemprov Soal Pemulihan Ekonomi

Menurut mitos yang beredar, golok ini mempunyai sejumlah nilai mistis di dalamnya. Adapun salah satunya adalah kemampuan golok ini dalam menaklukan musuh tanpa perlu mengeluarkan golok ini dari sarungnya. (san)

 

Happy
Happy
13 %
Sad
Sad
13 %
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
38 %
Angry
Angry
25 %
Surprise
Surprise
13 %