by

Kupas Buku SPY SI Hendropriyono: Pengalaman Intelijen Senior hingga Kisah Penangkapan Bung Hatta

-Nasional-16 views

Di tengah masa pensiun sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) TNI. Abdullah Mahmud Hendropriyono tetap produktif menulis buku. Sebagai Guru Bangsa dan Bapak Intelijen Tanah Air, Hendropriyono mengakui bahwa sejarah adalah hal yang sangat penting untuk merawat nasionalisme sebuah bangsa. Baru-baru ini, ia meluncurkan buku autobiografinya SPY SI. Buku itu mengupas kiprah Hendropriyono saat dirinya bergelut di dunia intelijen.

“SPY SI itu singkatan dari Sebagian Pengalaman Yang Saya Ingat. Kebetulan. Tapi memang di dalamnya, karena saya besar di intelijen, pendekatannya banyak di intelijen,” kata Hendropriyono, bulan lalu.

Buku 300 halaman yang ditulisnya sendiri ini, menyematkan beberapa cerita sejarah. Seperti cerita soal penangkapan Bung Hatta.

BACA JUGA:  DPR Sepakat Tunda 5 RUU, Salah Satunya KUHP

“Itu saya rasa belum pernah ada cerita itu, saya Google mana-mana. Saya tahu itu saya ceritain,” ungkap Hendropriyono.

Selain itu ada juga cerita penangkapan Koes Bersaudara.

“Itu kenapa itu kejadiannya. Itu saya ceritain. Kan sudah lewat. Saya baca buku mana-mana, referensi buku, pada enggak tahu tuh sebetulnya persoalannya gimana. Jadi saya ceritain yang benarnya gimana supaya tahu. Buat pelajaran aja, buat kita semua pelajaran kita semua, masyarakat, bangsa kita harus belajar dari sejarah,” lanjut Hendropriyono.


“Kita harus mempelajari sejarah. Ada idiom bilang, satu-satunya yang bisa dipelajari sejarah adalah orang tidak belajar dari sejarah. Itu kan enggak benar. Kita jangan terperosok, seperti keledai terperosok di lubang yang sama,” katanya.

BACA JUGA:  Jerinx SID Diadili, Sidangnya Bisa Disaksikan Live di Youtube

Dia berharap dengan membaca buku ini, bisa menjadi tambahan, masukan di teliti lebih dalam.

“Dijadikan study di pelajari begitu, buat langkah-langkah ke depan,” pungkasnya. (yus)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%