by

Mengintip Kampung Keramba 22 Garden City Periuk Tangerang

TANGERANG, today– Destinasi wisata buatan di Kota Tangerang memang tidak ada habisnya. Kali ini hadir dari kreativitas warga RW 22 Garden City, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk yang mengubah wilayah rawan banjir, menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menarik namun juga mampu menangkap peluang usaha melalui budidaya ikan menggunakan metode keramba.\Berdiri sejak bulan September 2020, Kampung Wisata Keramba 22 tumbuh secara pesat, yang tadinya hanya berdiri empat keramba, kini menjadi 184 keramba yang diisi berbagai jenis ikan konsumsi. Mulai dari Nila, Lele, Patin dan Mas.

“Berdirinya kampung ini karena ada program pemerintah terkait penguatan ketahanan pangan saat pandemi. Awalnya keramba cuman dikit,  hasilnyapun hanya kita konsumsi pribadi, tapi sekarang sudah bisa kita jual ke tengkulak,” ujar Iwan Sanjaya, Ketua Kampung Wisata Keramba 22, Rabu (01/09/21) petang.

Berbekal ilmu yang diajarkan saat pembinaan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Kampung Wisata Keramba 22 telah memperluas peluang ekonomi dengan olahan ikan segar.

BACA JUGA:  Mantul! Putri Kusuma Wardani, Atlet Tangerang Juara 1 Badminton Spain Master Spanyol


“Selain ke tengkulak, kita juga sudah mulai membuka usaha tempat makan, jadi kalo ada pertemuan dalam skala kecil atau tamu yang datang ke sini bisa memesan olahan ikan segar dan menikmatinya langsung di saung tengah keramba,” kata dia.

Jika masyarakat yang ingin membeli ikan atau berkunjung ke Kampung Wisata Keramba 22, lanjut Iwan, bisa menghubungi admin dari Kampung Wisata Keramba 22 di media sosial.

“Kita sangat terbuka untuk semua wisatawan, boleh langsung Direct Message (DM) di Instagram @kampungwisatakeramba22 atau datang langsung, alamatpun sudah kita cantumkan di bio dan bisa cari di google,” lanjutnya.

Di lokasi yang sama, Maryono, Camat Periuk mengajak kepada seluruh warga masyarakat baik lokal ataupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati keindahan serta olahan khas ikan segar dari Kampung Wisata Keramba 22.

BACA JUGA:  15 Ribu Dosis Vaksin Pfizer untuk Warga Tangerang

“Ketika pandemi sudah mereda dan peraturan terkait kunjungan dilonggarkan, saya mengajak untuk berkunjung ke kampung ini, karena banyak sekali view yang bisa dinikmati. Olahannya pun sangat lezat. Dan selalu ingat juga akan protokol kesehatan saat berkunjung,” ajaknya.

Selain Kampung Wisata Keramba 22, Kecamatan Periuk juga memiliki berbagai destinasi wisata buatan. Seperti, Kampung Lorong Anggur, Kampung Sejahtera Mandiri, Kampung Matahari, dan Kampung Lotus. (Gembong PR)

 

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%