by

Mengintip Kebun Teh Malino Highlands

Sulawesi tidak hanya memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan, pulau ini juga disebut-sebut sebagai surganya wisata dataran tinggi. Pesona alam dataran tinggi Sulawesi yang paling fenomenal adalah Malino Highlands.

Malino Highlands terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai destinasi ini wisatawan memerlukan waktu kendara 2-3 jam dari Kota Makassar, dengan jarak tempuh sekitar 80 km.

Meskipun terdengar cukup jauh, namun wisatawan yang berniat mengunjungi Malino Highlands tidak akan kecewa selama di perjalanan. Pasalnya, jalur menuju Malino Highlands ini didominasi dengan panorama cantik khas dataran tinggi Makassar.

Secara geografis, Malino Highlands berada di ketinggian 1.200 mdpl. Jika ditotal, luas wilayah Malino Highlands mencapai 200 hektar. Di sini wisatawan dapat menikmati panorama hamparan perkebunan teh nan luas dengan udara sejuk khas pegunungan. Karena keindahannya, banyak pihak yang memasukkan Malino Highlands sebagai salah satu lokasi yang cocok untuk relaksasi.

Racikan Teh ala Malino Highlands

Menurut cerita masyarakat setempat, area kebun teh di Malino Highlands dulunya memiliki luas 900 hektar, dan bisa menyuplai teh ke seluruh daerah Sulawesi. Meski saat ini areanya menyempit, namun teh Malino tetap menjadi komoditi teh unggulan di Indonesia.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebutkan jika teh dan kopi ala Perkebunan Teh Malino merupakan salah satu teh terbaik di dunia.

Bagi wisatawan menyeruput teh saat berwisata ke Malino Highlands memang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, diterpa udara dingin, kehangatan teh bisa menjadi obat paling ampuh untuk memberikan kenyamanan pada tubuh.

Tak perlu bingung, di destinasi wisata ini terdapat beberapa kafe yang menyajikan teh-teh terbaik khas Malino. Wisatawan dapat mencoba berbagai varian teh tersebut ditemani dengan kudapan khas setempat. Selain itu, wisatawan pun bisa membeli teh khas Malino sebagai oleh-oleh.

Daya Tarik Wisata di Malino Highlands

Malino tidak hanya menyuguhkan keindahan khas perkebunan teh saja. Destinasi wisata ini juga memiliki beragam wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Beberapa jenis daya tarik wisata yang berada di wilayah Malino Highlands antara lain:

Wisata Air Terjun

Tidak jauh dari lokasi perkebunan teh wisatawan bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Takapala dan Air Terjun Ketemu Jodoh. Masing-masing berjarak 600 dan 800 meter menyusuri jalan menurun dari puncak perkebunan teh Malino.

Taman Bunga Malino

Masih berada di kawasan Malino Highlands, wisatawan bisa menikmati bunga warna-warni yang cantik memanjakan mata. Lokasi ini disebut dengan Taman Bunga Malino. Bukan sekadar taman bunga biasa, lokasi ini juga menjadi sentra penelitian tanaman bunga yang dijadikan komoditi ekspor.

Kawasan Hutan Pinus

Seperti yang sempat disinggung di awal, Malino Highlands dikelilingi oleh panorama hutan pinus nan eksotis. Keindahannya membawa nuansa magis yang menenangkan bagi wisatawan yang datang untuk berekreasi. Deretan pohon pinus ini bisa dinikmati tidak jauh dari lokasi perkebunan teh Malino Highlands.

Wisata Memacu Adrenalin

Selain destinasi wisata di atas, pihak pengelola Malino Highlands juga menyiapkan beragam atraksi wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Atraksi wisata ini meliputi beragam aktivitas seru yang didesain khusus untuk wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Aktivitas ini berupa paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, taman satwa, outbond, jalur tracking, hingga teropong untuk melihat benda-benda angkasa. Di lokasi ini juga terdapat mini zoo yang dilengkapi dengan berbagai koleksi satwa.

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di area Malino Highlands tersedia berbagai akomodasi penginapan. Lengkapnya fasilitas di destinasi ini tidak bisa dilepaskan dari upaya pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Malino. (Prasetyo/*)

BACA JUGA:  Mewujudkan Pandanrejo Jadi Desa Wisata untuk Kreator Konten Digital
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.