by

Peran Milenial Bangkitkan Desa Unggul Berdaya Saing

Desa wisata menjadi penggerak dalam perekonomian masyarakat. Pasalnya desa wisata memiliki potensi besar dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Guna mewujudkan dan membangkitkan desa wisata yang unggul, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengajak milenial untuk terjun langsung di dalamnya. Menurut Sandiaga, generasi milenial dan generasi Z memiliki kreativitas yang luar biasa dalam menghasilkan ide-ide cemerlang, dan inovasi atau terobosan yang out of the box.

Lantas mengapa generasi milenial harus terlibat dalam membangun desa wisata? Selain karena kreativitasnya, hal ini juga didasari data sensus penduduk 2020 bahwa sebesar 53% atau sekitar 90 juta seluruh penduduk di Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z.

Itulah mengapa generasi milenial dan generasi Z memiliki peran penting dalam membantu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam membangun desa wisata.

Nantinya generasi milenial dan generasi Z akan memperoleh program pelatihan dan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi. Sehingga diharapkan generasi milenial dan generasi Z dapat menghadirkan desa wisata yang unggul, berkelanjutan, dan berdaya saing khususnya di daerah mereka masing-masing.

Kolaborasi Dengan GenPi

GenPi (Generasi Pesona Indonesia) merupakan sebuah komunitas yang memiliki ketertarikan di bidang pariwisata yang telah terbentuk sejak 2016, dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Menariknya GenPi juga diisi oleh para milenial dan generasi Z yang sangat mengerti potensi di daerah mereka.

GenPi secara aktif telah membantu mengembangkan desa wisata di Indonesia, baik dari promosi digital maupun edukasi langsung. GenPi berperan aktif menyuarakan program Kemenparekraf/Baparekraf dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bahkan Sandiaga Uno juga menaruh harapan yang besar terhadap generasi muda, terutama GenPi dalam menciptakan peluang baru dengan terus meningkatkan keterampilan yang dimiliki para anggotanya. Khususnya dalam mengembangkan potensi desa wisata di daerah masing-masing.

Hingga saat ini pemerintah terus memberikan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu untuk meningkatkan sektor Parekraf. Sehingga ke depannya diharapkan GenPi dapat menjadi agen yang memastikan setiap program yang dilaksanakan dapat tepat sasaran, agar dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

GenPi juga dapat berperan aktif dalam menyukseskan salah satu program yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf, yaitu Indonesia Care. Program ini memiliki beberapa turunan di antaranya: Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaAja, dan Beli Kreatif Lokal.

Agar berjalan maksimal, Sandiaga Uno berencana untuk reaktivasi akun media sosial GenPi dalam mendukung gerakan #DiIndonesiaAja serta mempromosikan desa wisata unggul dan bersaing di Indonesia.

Dengan begitu ke depannya peran para milenial dan generasi Z diharapkan dapat membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, dengan mengedepankan digitalisasi yang berbasis teknologi dan sosial media. (Revandra)

BACA JUGA:  Kadisdikbud dan Budayawan Kota Tangsel Kompak Berdayakan Cagar Budaya
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
100 %

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.