by

DPAD Kota Tangerang Bentuk Satgas LARASKA, Ini Tugasnya

TANGERANG– Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melaksanakan pelatihan dan pembentukan Satgas Kampung Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA), di Lapangan Kelurahan Nambo Jaya, pada Rabu (3/11/21).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Meita Bachraeni mengatakan bahwa tujuan pelatihan dan pembentukan Satgas LARASKA ini agar masyarakat dapat menyimpan arsip-arsip penting di tempat yang aman. Sehingga, jika suatu saat datang bencana, arsip-arsip penting yang dibutuhkan tidak rusak atau hilang.

Meita melanjutkan, bahwa ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan antara ANRI dengan kota Tangerang dan menjadi pilot project. Terkait dengan masalah bencana, perbaikan infrastruktur dan perilaku masyarakat penting untuk diperbaiki, tetapi pengetahuan tentang penyelamatan dan restorasi arsip juga tidak kalah pentingnya.

BACA JUGA:  Waspada Klaster Tatap Muka, Pemkot Tangerang Sisir Sekolah

Kegiatan ini, dilaksanakan dalam dua hari dengan dua kuota peserta sebanyak 75 peserta dari 16 Kelurahan di Karawaci, dengan 40 peserta di hari pertama, dan 35 peserta di hari kedua.

“DPAD menggagas kegiatan ini untuk mengajak masyarakat agar sadar atas kepentingan keberadaan arsip mereka. Sehingga, mereka bisa mengelola, mengamankan, dan menjaga arsipnya secara mandiri. Sekarang, mereka akan mendapatkan pelatihan tersebut dari ANRI,” ungkapnya saat ditemui di Lapangan Kantor Kelurahan Nambo Jaya.

Direktur Preservasi ANRI, Kandar mengungkapkan bahwa antusias warga kota Tangerang sangat tinggi dan berbeda dengan kota-kota lain. Dari seluruh kota yang sudah ia dan tim sambangi, kota Tangerang merupakan kota yang paling besar antusiasnya. Mulai dari Camat, Lurah-lurah hingga Kepala Dinas ikut mendukung kegiatan ini.

BACA JUGA:  Vaksinasi di Kabupaten Tangerang Sudah Tembus 79,2%: Bupati Minta Prokes Tetap Diperketat

Kandar berharap, masyarakat yang mendapatkan pelatihan dapat mandiri menyelamatkan arsip-arsip vital yang dimiliki pribadi maupun keluarga dan dapat menyampaikan juga ke warga yang lain.

“Saya harap mereka bisa mandiri, menyelamatkan arsip pribadi. Mulai dari arsip ini tidak terbawa atau rusak karena bencana, ulah manusia atau binatang dan dapat memperbaiki arsip yang rusak,” harapnya.

Kusni Lestari, warga Kelurahan Sukajadi mengikuti pelatihan satgas ini agar dapat membantu masyarakat menyelamatkan arsip pribadi dan dapat mengetahui cara penyimpanannya secara benar.

“Dari sini saya tahu bagaimana penyimpanan arsip jika terjadi banjir. Sejak jauh-jauh hari harus dipisahkan dokumen masing-masing anggota keluarga di satu wadah yang tahan air. Mulai hari ini saya praktekan di rumah setelah itu informasinya dibagikan ke tetangga dan lingkungan sekitar,” tutupnya. (Gembong PR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.