by

Ganjar Masih Berpeluang Dijagokan PDIP di Pilpres 2024, Ini Syaratnya

JAKARTA- Peneliti CSIS Arya Fernandes menilai, PDI Perjuangan akan mengambil keputusan terkait siapa yang akan diusung di Pilpres 2024 pada detik-detik akhir. Sebab, keputusan PDIP akan mempengaruhi reaksi partai lain dalam rangka pencalonan di Pilpres 2024.

“Saya kira (PDIP) akan menunggu last minute atau mungkin beberapa bulan menjelang pendaftaran untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan,” ujar Arya dalam diskusi hasil pemaparan survei secara daring, Minggu (14/11/2021).

Hal ini akan menentukan siapa yang akan PDIP calonkan, apakah itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ataupun Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Karena begini, kalau PDIP buru-buru mencalonkan, katakanlah dia mengatakan Puan atau mencalonkan Ganjar pasti ada reaksi dari luar, dari partai lain,” katanya.

BACA JUGA:  RUU PAS Memang Mendesak Disahkan, DPR Panggil Yasonna Laoly Hari ini

Arya melihat, peluang Ganjar dicalonkan jika PDIP akan menghadapi calon-calon presiden yang populer. Seperti Prabowo Subianto atau Anies Baswedan. Jika dua tokoh tersebut bertarung di Pilpres, ada peluang Ganjar dicalonkan PDIP.

“Menurut saya peluang Ganjar untuk dicalonkan itu ada beberapa hal pertama siapa calon lain yang akan maju. Calon lain yang maju itu calon populer katakanlah Pak Prabowo atau Pak Anies, itu PDIP akan cari calon populer juga,” ujarnya.

Sementara, jika Anies tidak mendapatkan tiket, atau Prabowo tidak memutuskan maju Pilpres, maka terbuka peluang Puan Maharani diusung PDIP.

“Kalau calon misalnya Pak Anies nggak dapat tiket mungkin Pak Prabowo tidak maju, dan kalau misal kalau calon populer enggak maju, taruh katakan dia enggak maju, kemungkinan dia akan calonkan Puan,” kata Arya. (Debby)

BACA JUGA:  Peduli Wabah Corona, Anggota Dewan di Bogor ini Bagikan Sembako untuk 1.000 Janda
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.