by

Ini Daftar Nama PAW DPR yang Dilantik Hari Ini

JAKARTA– Rapat Paripurna DPR RI melantik lima Anggota Pengganti Antar-Waktu (PAW) DPR RI dari tiga Fraksi, yakni Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) dan Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN). Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteran  Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar selaku Pimpinan Rapat Paripurna pun memandu sumpah dan janji calon Anggota PAW DPR RI. Ia mengingatkan, sumpah dan janji yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Tanggung jawab menjaga dan memelihara Pancasila dan UUD 1945. Sumpah, janji kepada Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara- saudara mengikuti lafal sumpah janji yang akan saya pandu,” kata Gus Muhaimin sesaat sebelum memandu pengucapan sumpah dan janji Anggota PAW DPR RI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (1/11/2021).

Lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 117, 119 dan 129/1 tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan antar waktu Anggota DPR RI, Anggota MPR RI sisa masa jabatan tahun 2019-2024, kelima politisi dari tiga Fraksi tersebut resmi menjadi Anggota DPR RI. Kelima anggota PAW DPR RI tersebut adalah Harris Turino, Novri Ompusungu, dan Aida Muslimah dari Fraksi PDI-Perjuangan, Diah Nurwitasari dari Fraksi PKS, serta Paulus Umbrungge dari Fraksi PAN.

BACA JUGA:  DPR Minta Polri Juga Prioritaskan Restorative Justice

Untuk diketahui, Paulus Umbrungge menggantikan John Siffy Mirin, rekan satu partainya di PAN, asal dapil Papua, yang beberapa waktu lalu meninggal dunia. Begitupun dengan Diah Nurwitasari dari PKS menggantikan rekan separtainya, Adang Sudrajat, politisi dapil Jawa Barat II yang telah lebih dulu dipanggil Sang Khalik.

Sedangkan Aida Muslimah dari PDI-Perjuangan dan dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Syafruddin H. Maming yang mundur karena ikut kontestasi Pilkada Tanah Bumbu 2020. Sementara Novri Ompusungu dari PDI-Perjuangan dan dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Sulaiman Umar yang mundur dari DPR RI. Sementara Harris Turino asal daerah pemilihan Jawa Tengah IX ini menggantikan rekan separtainya di PDI-Perjuangan M. Prakosa yang mendapat penugasan sebagai duta besar dari Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:  Dedy Ramanta: Semangat Bernegara Harus Bersumber dari Pancasila dan UUD 1945

Gus Muhaimin berharap di sisa masa jabatan periode 2019-2024, Anggota DPR RI yang baru saja dilantik itu bisa langsung terus memperkuat tugas-tugas konstitusi yang melekat dalam tubuh DPR RI.  (Dimas)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.