by

Irna Narulita Sambut Yayasan Alabama Indonesia, Cawe-cawe Konservasi Mangrove di Pandeglang

PANDEGLANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung upaya konservasi mangrove dan tanaman pantai yang dilakukan oleh Yayasan Alabama Indonesia Lestari di wilayah pesisir Kabupaten Pandeglang tahun 2021.

Hal tersebut disampaikannya saat ekspose program Mangrove Ecosystem and Rhinocerros Conservation in Indonesia (MERCI) bersama Yayasan Alabama Indonesia Lestari, di ruang pintar Setda, kemarin.

Menurut Irna program restorasi mangrove ini perlu dilakukan karena semakin tingginya tingkat abrasi di Kabupaten Pandeglang.

“Upaya ini harus kita lakukan demi menjaga alam dan untuk generasi yang akan datang,” ujarnya saat ekspose.

 

Saat ini degradasi lahan mangrove oleh tambak di Kabupaten Pandeglang sangat tinggi hal tersebut dikhawatirkan akan menggangu ekosistem.

BACA JUGA:  Ini Pemenang Sayembara Desain Tugu Pamulang Tangsel

Program-program penghijauan dan konservasi patut digalakkan dan dilakukan secara bersama-sama sehingga hasil yang diharapkan bisa lebih maksimal.

“Di kita kan banyak lembaga dan NGO kalau disatukan bisa lebih cepat lagi capaiannya, saya juga mengimbau kepada OPD terkait, DLH, BApeda untuk membantu dan mendukung program (konservasi) ini,” imbuhnya.

Sementara itu Yayasan Alabama Indonesia Lestari menyambut baik sikap pemerintah Kabupaten Pandeglang yang mau bekerjasama untuk membantu proses pemulihan ekosistem pesisir.

Program pemulihan ekosistem pesisir ini telah dilakukan oleh Yayasan Alabama Indonesia Lestari sejak tahun 2020 dengan menanam sebanyak 250.000 tanaman di kawasan Tegalpapak hingga kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Menurut Sumarna, Project Manajer Program MERCI tahun 2021 ini penanaman akan kembali di lakukan dengan jumlah tanaman sebanyak 250 ribu dan akan disebarkan penanamannya hingga ke dalam kawasan TNUK.

BACA JUGA:  Ketika Personil Kopassus Gerilya Bantu Warga Bertanam di Sawah

“Program penanamannya akan kami lakukan secara partisipatif yaitu dengan keterlibatan aktif dari masyarakat sekitar wilayah kerja, saat ini mereka (masyarakat) telah melakukan persemaian di Cibungur dan Mekarsari sebanyak 160 ribu tamanan, semoga bulan ini sudah bisa tertanam,” ujar pria yang akrab disapa Mole ini. (Dandy/Debby)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
100 %

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.