by

Membangun Literasi di Era Serba Digital

Melihat perkembangan literasi masyarakat di Indonesia hingga saat ini tentunya terdapat perbedaan. Konsep literasi pada era modernisasi dengan kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesat ini memberikan banyak ruang dan tempat untuk dapat berliterasi. Semakin berkembangnya zaman, tentu saja makin banyak hal pula yang ikut berinovasi ke dunia digital, termasuk literasi.

Dilansir dari wikipedia, literasi digital merupakan pengetahuan dan kemampuan seseorang untuk menggunakan media digital, alat komunikasi dan kemudian menggunakannya secara sehat, bijak, dan cerdas. Dalam literasi digital itu bukan hanya sekedar kemampuan mencari, menggunakandan menyebarkan informasi akan tetapi, diperlukan kemampuan dalam membuat informasi dan evaluasi kritis, ketepatan aplikasi yang digunakan dan pemahaman mendalam dari isi informasi yang terkandung dalam konten digital tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa membaca buku dapat menghabiskan dan membuang banyak waktu dan cenderung membosankan, sehingga mereka berfikir lebih baik melakukan sesuatu yang lain selain membaca buku, padahal dengan membaca kita dapat menambah wawasan jadi lebih luas dan ilmu pengetahuan pun semakin bertambah.

BACA JUGA:  Program Kampung Iklim untuk KTT Internasional

Maka dari itu sangat penting bagi kita kaum milenial untuk memberikan inovasi agar masyarakat memiliki keinginan membaca pada era digital seperti saat ini, salah satunya kita dapat memanfaatkan media sosial untuk menulis dan membagikan hal-hal positif yang bermanfaat dan menjadikan media sosial sebagai informasi yang akurat serta meningkatkan minat baca dan daya berfikir kritis.

Memanfaatkan Era Digital dalam mengembangkan minat literasi salah satunya dapat dilakukan membuat e-book atau buku digital. Tak berbeda jauh dengan buku cetak pada umumnya, e-book (electronic book) atau buku elektronik juga berisi tulisan-tulisan dan gambar dengan berbagai tema, misalnya seperti e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi, e-book tutorial, dan masih banyak tema lainnya. Di jaman yang serba digital ini, tentu saja e-book lebih banyak diminati daripada buku cetak.

BACA JUGA:  Politik, Seks dan Etika Digital

Keunggulan ebook pada umumnya yaitu:

  1. Memudahkan pembuatan buku
  2. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi
  3. Lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak
  4. Memiliki daya simpan yang panjang atau dengan kata lain lebih awet
  5. Ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas.

Perkembangan Era Digital saat ini tentunya tidak melulu tentang tantangan yang bisa menghambat literasi masyarakat, tetapi justru bisa dijadikan peluang yang sangat besar dalam rangka melatih dan mengembangkan literasi masyarakat. Nah, dengan adanya e-book pada era digital seperti ini diharapkan mampu membangun minat literasi pada masyarakat yang terbilang masih rendah tersebut. Oleh sebab itu, literasi digital sangat efektif untuk semua, demi memajukan apa pun terutama di bidang pengetahuan untuk memperluas wawasan. (*)

BACA JUGA:  Memacu Kreatifitas di Era Digital, Milenial Dituntut Inovatif dan Manfaatkan Platform

 

Penulis:

Lita Rinanda, Mahasiswa Unpam Tangsel. **)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.