by

MUI Pecat Zain An-Najah Gegara Keciduk Densus 88

JAKARTA- Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga orang terduga teroris di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (16/11/2021) kemarin.

Dari ketiga terduga teroris itu, salah satunya di antaranya adalah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. Dia adalah, Zain An-Najah atau Ahmad Zain yang menjabat

Hal itu-pun dibenarkan oleh Ketua Umum MUI K.H. Miftachul Akhyar. Menurut Miftachul, Ahmad Zain menjabat sebagai anggota Komisi Fatwa MUI Pusat.

“Yang bersangkutan benar merupakan anggota Komisi Fatwa MUI yang merupakan perangkat organisasi di MUI yang fungsinya membantu Dewan Pimpinan MUI,” ujar Miftachul dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Miftachul mennjelaskan, usai penangkapan Ahmad Zain oleh Densus 88, pihaknya langung menggelar rapat. Dalam rapat tersebut memutuskan untuk menonaktifkan Ahamad Zain dari anggota Komisi Fatwa MUI.

BACA JUGA:  Airin Minta Mulok Ideologi Pancasila Masuk Kurikulum Sekolah

Selain itu, Miftachul menuturkan rapat tersebut juga menegaskan bahwa keterlibatan Zain dalam jaringan terorisme tidak ada sangkut pautnya dengan MUI. Dengan kata lain, keterlibatan Zain itu urusan pribadi.

“Dengan keterlibatannya sebagai tersangka terorisme, MUI kemudian menonaktifkan yang bersangkutan sebagai pengurus di MUI sampai ada kejelasan berupa keputusan yang berkekuatan hukum tetap,” tegasnya.

“MUI menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat penegak hukum dan meminta agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah dan dipenuhi hak-hak yang bersangkutan untuk mendapatkan perlakuan hukum yang baik dan adil,” tambahnya menerangkan.

Sebagaimana diketahui, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga orang terduga teroris di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (16/11/2021) kemarin. Salah satunya adalah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat.

BACA JUGA:  Indonesia Berperan Mengubah Pandemi Jadi Endemi

Berdasarkan penelusuran,ketiga orang tersebut ialah Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Okbah. Kemudian, Zain An-Najah dan Anung Al-Hamat.

Pengurus MUI pusat yang ditangkap Densus 88 Polri adalah Zain An-Najah. Polisi sejauh ini belum merinci soal status yang bersangkutan di MUI.

Namun, berdasarkan situs MUI, mui.or.id, identitas Zain An-Najah tercantum di sana. Nama Ahmad Zain tercatat menjadi anggota Komisi Fatwa MUI Pusat dalam nomor 24. (angg/yus)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.