by

Ratusan Personel Linmas di Kota Tangerang Ikuti Pelatihan Kebencanaan

TANGERANG– Guna mencegah tejadinya bencana, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) mengadakan kegiatan pelatihan untuk membentuk Pelindung masyarakat (Linmas) yang terampil dan tanggap bencana di kota Tangerang, Senin, (1/11/21).

Wakil KASATPOL PP, Agus Prasetyo menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan pembekalan mengenai pengetahuan kebencanaan. Pelatihan ini diadakan di kantor kecamatan Karawaci dan diikuti oleh 40 peserta dari 16 kelurahan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 312 orang. Pelatihan pengetahuan kebencanaan tersebut diadakan secara bertahap dan bergilir dari kecamatan satu ke kecamatan lain di Kota Tangerang.

“Hari ini kita melaksanakan pembinaan kegiatan bidang satuan bimbingan masyarakat di kecamatan Karawaci dengan peserta berjumlah sekitar 40 peserta. Pada hari pertama ini di mulai di kecamatan Karawaci. Pelatihan-pelatihan ini diadakan sebagai bekal pengetahuan, keterampilan dan akan bermanfaat nantinya bagi anggota Linmas kota Tangerang.” Ujarnya.

BACA JUGA:  UMP Banten 2019 Diketok Rp 2,4 Juta

Kehadiran Satlinmas ini, banyak memberikan manfaat bagi kota Tangerang. salah satunya adalah berkaitan dengan kegiatan untuk membantu dalam ketertiban umum. Kedepannya, akan juga diadakan kegiatan untuk pemberian keterampilan menjadi kader terdepan bela Negara. Seperti yang diketahui, linmas merupakan bagian dari pertahanan sipil.

“Tugas linmas salah satunya untuk pencegahan dini di masyarakat ketika terjadi sebuah insiden, linmas harus mampu melakukan upaya-upaya pencegahan. Di samping itu dalam hal kebencanaan mereka bisa tampil sebagai garda terdepan dalam hal membantu msyarakat yang terkena bencana” Tegas Agus.

Agus Prasetyo berharap, adanya pelatihan ini menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat ikut berpartisipasi dalam membangun kota ini secara bersama-sama.

BACA JUGA:  Pemkot Tangerang Alokasikan Rp 1 Triliun untuk Benahi Pendidikan

“Ini adalah bentuk dari peran serta masyarakat, dengan masyarakat yang partisipatif semoga kota Tangerang siap dalam menghadapi segala hal, terutama untuk menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat itu sendiri” harapnya.

Hadirnya kegiatan ini menjadi semangat bagi Herman, anggota Satlinmas Sumur Pacing untuk berkarya, berbakti, juga menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Senang sekali linmas ada untuk masyarakat, dan linmas itu sangat penting keberadaannya sehingga terjamin adanya keamanan di masyarakat. Semoga linmas ini tidak akan hilang dan tetap menunjukan eksistensinya di masyarakat” harapnya.

Sebagai informasi untuk anggota linmas yang melakukan pelatihan, mendapatkan materi mengenai teknis dan pola koordinasi penanggulangan bencana dan dapur umum, pertolongan korban bencana dan teknis evakuasi “Safe Rescue”, dan Teknis Penyelamatan dan penanganan bencana air atau banjir. (Debby)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.