by

Terkenal Jadi Sarang Pelacuran, Pengelola Kalibata City Akhirnya Gandeng Aparat Kepolisian

JAKARTA- Aparat Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Pengelola Apartemen Kalibata City  guna meningkatkan pengawasan hunian untuk mengantisipasi kasus hukum oleh penghuni harian di apartemen tersebut.

Kapolsek Pancoran Kompol Rudi dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (19/11/2021), mengungkapkan mayoritas kasus di apartemen yang selama ini ditangani berasal dari penghuni harian di apartemen tersebut.

Karena itu, untuk memperbaiki nama Kalibata City yang kerap diterpa isu negatif tersebut perlu kolaborasi seluruh pihak mulai dari pengelola, kepolisian, hingga tokoh masyarakat setempat.

“Mengapa penting? Karena ketika ada kasus pidana, yang kita periksa itu semuanya, mulai dari penyewa, agen, sampai pengelola. Akan merugikan semuanya, apalagi sampai kasusnya terekspos,” kata Rudi.

BACA JUGA:  Depok Larang Keras, Siswa yang Belum Divaksin Tak Boleh Ikut PTM

Selama ini Kepolisian sudah menjalin kerja sama yang baik dengan pengelola. Diharapkan hal itu dapat ditingkatkan lewat pengetatan pemeriksaan setiap orang yang memasuki penginapan.

General Manager Apartemen Kalibata City Martiza Melati menegaskan, saat ini pihaknya tidak mengizinkan adanya penyewaan unit secara harian.

Pihaknya memastikan akan memberikan sanksi tegas bagi agen yang melanggar peraturan serta memasukkan mereka dalam daftar hitam dan dipastikan tidak akan memiliki akses apartemen.

“Sesuai dengan ‘house rules’, kategori yang diperkenankan ada di kawasan Kalibata City adalah unit tinggal dan unit usaha. Pengelola dan perhimpunan penghuni dapat menyesuaikan pasal-pasal yang ada sesuai dengan kebutuhan,” tutur dia.

Guna mengantisipasi adanya oknum yang berbuat tindak pidana di apartemen, pengelola juga melakukan sejumlah upaya pencegahan. Salah satunya dengan memperketat pengawasan orang-orang yang mencurigakan.

BACA JUGA:  Harus WFH, Kalau Dipaksa Ngantor Bos, Bisa Mengadu Kesini...

Setiap perwakilan agen properti wajib melakukan penandatanganan pakta integritas sebagai tanda bahwa seluruh agen akan patuh terhadap tata tertib yang telah ditetapkan bersama.

Dia menambahkan, pengelola akan memberikan ID Card kepada perwakilan agen, yang nantinya digunakan sebagai identitas bahwa agen properti tersebut sudah terverifikasi di lingkungan apartemen.

Kebijakan tersebut didukung oleh Sekretaris Camat Kecamatan Pancoran, Mumu Mujtahid dengan mengimbau para agen properti yang berbisnis maupun pemilik individu memahami dan mengaplikasikan “house rules” yang telah ditetapkan.

Dia meyakini aturan tersebut bertujuan untuk merangkul kepentingan semua pihak dalam mewujudkan kawasan yang aman dan nyaman.

Senada dengan Mumu, Tokoh Masyarakat Apartemen Kalibata City, Musdalifah Pangka berharap langkah tersebut memperbaiki stigma negatif yang melekat di Kalibata City.

BACA JUGA:  Kapolri Peringatkan Anggotanya: Jangan Antikritik!

Ia mengajak seluruh pihak bergandengan tangan dengan niat menjadikan Kalibata City menjadi hunian yang aman dan nyaman. (Dimas)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.